in , ,

Universitas Indonesia Menjuarai Lomba Debat NUDC ke 10

Semarang, UP Radio – Setelah melewati berbagai tahapan lomba debat bahasa Inggris yang dimulai sejak tanggal 3 September, Tim Universitas Indonesia akhirnya berhasil menjuarai National University Debate Championship ke 10 yang berlangsung di Universitas PGRI Semarang.

Tim UI berhasil mengungguli, Universitas Negeri Malang, ITS Surabaya dan Universitas Gajah Mada Yogjakarta masing masing di tempat kedua, tiga dan empat terbaik.

Pengumuman pemenang dilakukan saat acara penutupan NUDC ke 10 yang digelar di Sesungguhnya Balairung Universitas PGRI Semarang (8/9) yang di hadiri Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin, wakil ketua komisi 10 DPR RI, Rektor Universitas PGRI Semarang dan perwakilan perguruan tinggi serta peserta debat dari 58 perguruan tinggi di Indonesia.

Direktur kemahrasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin mengakui secara kualitas lomba debat mahasiswa ini semakin menunjukkan peningkatan dan menjadikan mereka mahasiswa terbaik dan berkualitas.

“Berbahagialah bagi peserta yg ikut national university debating championship karena akan mengikuti lomba debat tingkat dunia dan menjadi duta Indonesia di dunia,” kata Didin.

Lebih lanjut Didin mengungkapkan pentingnya event National University Debate Championship (NUDC) dalam kerangka tata pergaulan dunia yang sangat dominan menuntut penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

“Setiap peserta debat adalah mahasiswa berprestasi yang akan memiliki nilai lebih dalam dunia lapangan kerja dimasa mendatang,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan wakil ketua komisi 10 DPR RI Abdul Fikri Faqih yang menilai penguasaan bahasa Inggris menjadi bekal utama jika ingin bekerja di manapun di seluruh dunia.

“Peluang lapangan kerja Akan lebih terbuka dan yang tidak menguasai bahasa  Inggris akan diserobot orang lain,” tegas Fikri.

Kesuksesan Universitas PGRI Semarang sebagai penyelenggaran mendapatkan apresiasi dari Kemenristekdikti.

Rektor Universitas PGRI Semarang Muhdi berharap setiap mahasiswa UPGRIS dapat menyaksikan secara langsung debat mahasiswa dan diharapkan dapat memacu semangat untuk bisa berkompetisi meningkatkan kompetensi mereka dalam penguasaan bahasa Inggris untuk masa depan.

Selanjutnya para juara National University Debate Championship NUDC ke 10, akan dikirim mengikuti kejuaraan dunia Debate mahasiswa yang diselenggarakan di Mexico bulan Desember mendatang mewakili Indonesia. (shs).

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Pemkot Semarang Lestarikan Batik Semarangan Lewat Lomba

Pertamina Lakukan Operasi Pasar dan Tambahan Fakultatif LPG 3 kg