in , ,

Tulis1000 Nama Aksara Jawa Tandai Hari Aksara Internasional 2017

Semarang, UP Radio – Ratusan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar acara memperingati Hari Aksara International 2017, dengan berbagai kegiatan. gelar peringatan hari aksara Internasional 2017 di halaman gedung utama UPGRIS.

500 mahasiswa mengikuti prosesi acara yang dihadiri juga Ketua program studi PBSD UPGRIS Alfiah MPd serta Duta Bahasa Jawa Tengah, di halaman gedung utama GU Universitas PGRI Semarang (20/9).

Rangkaian kegiatan hari aksara internasional 2017 diantaranya dengan menulis 1000 nama dengan aksara Jawa yang dipamerkan di halaman gedung utama, Pentas seni, Launching majalah Pratnapaya, serta tari aksara Jawa dari mahasiswa PBSD UPGRIS.

“Peringatan hari aksara penting dilaksanakan agar para mahasiswa mengingat sejarah serta melestarikanya agar tidak semakin tergerus oleh waktu,” ungkap Alfiah.

Berbagai upaya terus dilakukan para mahasiswa khususnya Program studi PBSD UPGRSI untuk melestarikan aksara Jawa. Salah satunya dengan memperkenalkan Tari Aksara Jawa yang dilauncing bersamaan hari akasra Internasional 2017.

Selain dengan tari aksara, Mahasiswa PBSD semester V Siwi Purwo, menuturkan berbagai cara harus dilakukan dengan tujuan mengenalkan kepada para siswa dan mahasiswa  serta masyarakat umum agar melek aksara Jawa.

“Pentingnya terus belajar bahasa daerah atau bahasa Jawa dan tetap melestarikan dari generasi ke generasi, Jangan sampai bahasa Jawa punah ditelan jaman. Harapanya di hari akasara tahun ini bahasa Jawa atau aksara Jawa tetap lestari dan bisa mendunia,” tambah duta bahasa Jawa Tengah Akbar Aminudin. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

UPGRIS Memiliki Doktor Baru Ilmu Linguistik

Nelayan dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan untuk Gantikan Cantrang