Salatiga, UP Radio – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus berkomitmen memberikan pengalaman yang mengesankan atau marvelous experience dengan menjaga performa jaringannya di momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Didukung oleh 40 ribu BTS 4G, pada sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 ini Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 11% di Jawa Tengah dan Yogyakarta dibandingkan rata-rata periode hari normal.
SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang menyampaikan, kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting bagi pihaknya, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.
“Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini. Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta,” ujarnya.
Ia menyampaikan, Indosat mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi pada tanggal 26 Desember 2023 sebesar 11,9% untuk area Jawa Tengah Bagian Selatan dan 9,8% untuk area Jawa Tengah Bagian Utara dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal.
“Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kabupaten seperti Wonogiri, Gunungkidul, Purworejo, Grobogan, hingga Kebumen yang notabene memiliki berbagai destinasi wisata yang diminati oleh masyarakat,” ungkapnya.
Dijelaskannya, pada malam pergantian tahun, platform digital mulai dari Tiktok, Youtube, Facebook, WhatsApp, hingga Instagram secara berturut-turut berkontribusi besar terhadap melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Peningkatan permainan game online juga ikut memengaruhi seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG yang memicu kenaikan trafik data.
Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan secara nasional dibandingkan rata-rata periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.
Head of Region Central & West Java Indosat Ooredoo Hutchison, Swandi Tjia menambahkan, dalam memenuhi lonjakan trafik data tersebut, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya di Jawa Tengah dan Yogyakarta secara proaktif dengan melakukan optimasi serta peningkatan kapasitas di 94 Point of Interest (POI).
“Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti ruas tol Trans Jawa, bandar udara, stasiun kereta api, destinasi wisata, hingga tempat ibadah,” ungkapnya.
Disebutnya, hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).
“Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat,” pungkasnya. (shs)