in , ,

Permintaan Tenaga Kerja Beru Pasca Lebaran belum Signifikan

Semarang, UP Radio – Kebutuhan tenaga Kerja untuk perusahaan besar di daerah pasca Libur Lebaran dinilai belum meningat signifikan.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah menilai saat ini trend penambahan tenaga kerja baru belum meningkat. 

“Kebutuhannya hanya 1-2 tenaga kerja, masih sama dengan sebelum lebaran,” kata Ketua Apindo Jateng Frans Kongi di Semarang. Senin (10/7).

kondisi tersebut dirasa tidak sebanding dengan tingginya jumlah pencari kerja pascalebaran. 

Meski belum memantau secara langsung terkait permintaan tenaga kerja, pihaknya memprediksi belum  ada peningkatan permintaan.

Menurut dia, hal itu sudah menjadi tren tahunan pascalebaran. Ia mengatakan kebutuhan tenaga kerja akan meningkat ketika semakin banyak perusahaan yang masuk ke Jawa Tengah.

“Kalau sejauh ini dilihat dari pertumbuhan ekonomi juga belum signifikan, investasi yang masuk kelihatannya belum banyak,” katanya.

Sebelumnya, Frans mengatakan sudah menjadi hal lumrah para pencari kerja sengaja mencari pekerjaan di kota-kota besar usai lebaran bersamaan dengan saudara atau teman mereka kembali ke perantauan.

Terkait hal itu, Frans mengimbau masyarakat agar tak tergiur kota besar dalam mencari pekerjaan.

“Justru sekarang ini banyak perusahaan besar mengembangkan usahanya di kawasan industri yang berada di daerah penyangga, seperti Kendal, Demak dan Solo Raya. Kalau di kota-kota besar saat ini hanya ada industri skala kecil. Kebutuhan tenaga kerja tidak begitu banyak,” katanya.

Pihaknya juga berharap agar calon tenaga kerja membekali diri dengan kemampuan yang baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

“Ketika kemampuan yang dimiliki calon tenaga kerja ini bagus, perusahaan juga akan lebih mudah menerimanya,” tutup Frans. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Asuransi Mikro Tumbuh Signifikan Kenaikan Premi Capai 80 Persen

DJP Jateng I Optimis Capai Target Penerimaan Pajak