in ,

Penanaman Bibit Mangrove oleh Dosen dan Mahasiswa PGSD UPGRIS

Dalam Rangka Dies Natalis ke-36 Universitas PGRI Semarang, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, melakukan penanaman 1000  (seribu) bibit mangrove di Kampung Tambak Rejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

Kegiatan penanaman bibit mangrove tersebut mengusung tema “PGSD Peduli Abrasi Laut”. Penanaman bibit mangrove diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 13 Mei 2017, dengan peserta sebanyak 485 orang mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan didampingi 45 orang dosen.

Kedatangan peserta penanaman bibit mangrove disambut dengan baik oleh para anggota Kelompok Peduli Lingkungan “Camar”. kegiatan penanaman bibit mangrove di kawasan kampong Tambak Rejo, kelurahan Tanjung Mas kota Semarang diawali dengan sdoa bersama dan dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, bapak Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. Mengawali sambutannya, Kaprodi mengajak para peserta untuk mulai berperan aktif dalam pelestarian lingkungan, salah satunya melalui penanaman bibit mangrove. Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai manfaat hutan mangrove bagi lingkungan hidup oleh bapak Juremi selaku ketua kelompok peduli lingkungan “Camar”. Sedangkan teknis penanam bibit dijelaskan oleh bapak Zazin, salah satu anggota kelompok tersebut.

Setiap mahasiswa membawa 2 bibit mangrove dengan ukuran tinggi 40 – 60 cm siap tanam yang telah dilengkapi dengan kayu penopang bibit dan tali ravia sebagai pengikat bibit pada kayu penopang. Bapak, Ibu Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar juga tak ketinggalan dalam melaksanakan penanaman bibit mangrove. Para peserta sangat antusias melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan  diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta.

Saut Simanjuntak

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%