in ,

Pemkab Pati Siap Dukung Pengembangan Agrowisata Jolong

Pati, UP Radio – Pemerintah Kabupaten Pati akan mengembangkan Agrowisata Jolong menjadi destinasi wisata unggulan Pati dengan memfasilitasi penyediaan infrastruktur jalan.

Keseriusan Pemerintah tersebut ditandai dengan Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab. Pati dengan PT Perkebunan Nusantara IXKebun Jolong di Desa Sitiluhur dilakukan di  Kecamatan Gembong pada hariSenin (08/01/2018).

MoU ini tentang Pengembangan Dan Pengelolaan AgroWisata Kebun Jollong Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong ini yang dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto dan stakeholder terkait.

Dalam sambutannya Bupati Pati mengatakan Kewajiban Pemkab adalah memfasilitasi jalan infrastruktur sedangkan hak Pemkabyaitu memperoleh retribusi 10%. Dengan agro wisata ini, Pati tidak hanyamenjadi kota transit saja, melainkan tujuan utama para pelancong untukmelepaskan penat dengan ragam destinasi wisata, di kabupaten bertajuk Bumi MinaTani.

Meski di awal masih merugi, Bupati berharap semua pihak terkait tetap semangat dalam mengembangkan wisata di Pati khususnya diAgrowisata Kebun Jollong tersebut.

“Yang jelas garis besar kesepakatan dalam MoU adalah untuk membangun kebersamaan dalam pengembangan wisata agro Kebun Jollongsekaligus juga untuk meningkatkan pembangunan dan wisata daerah”, terang Haryanto.

Direktur PTPN IX Kebun Jollong Iswahyudi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab yang telah mendukung kebunJollong baik dari segi pariwisata maupun dalam hal pengembangan tanamanperkebunan meski hasil untuk Pemkab sendiri masih belum seberapa dan cenderungmerugi.

Dikemukakan Iswahyudi, bahwasanya Kebun Jollongmemiliki lahan seluas 527,63 hektar dimana 16 hektarnya merupakan tanaman buahnaga dan sisanya dominan tanaman kopi dan sejenisnya. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote