in

PEER EDUCATION

Jpeg

Hai…. Up mania apa kabar ? saya Shanty Rosalia. Saya salah satu bala kurawanya Up Radio yang kejadwal siaran setiap hari senin sampai jum’at di UP CORNER mulai  jam 09.00 s/d jam 12.00 WIB. Hari ini Nara sumber yang saya kontak, ready semua. Kerasa banget bagaimana kepuasaan itu “berasa optimum alias maksimum“.

Siaran hari ini ada beberapa Nara sumber Salah satunya adalah Bp. Harjanto Halim  (Owner Marifood) dengan beliau kami mengusung tema “Pendidikan dinegeri ini sebagai komoditi atau kah pencetak pribadi mandiri & berkarakter?“.

Jawaban Pak Har ada memantik soal “Peer Education” (Pendidikan sebaya). Pendidikan Sebaya adalah proses kegiatan yang berlangsung diantara teman sebaya atau sejawat yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang atau sekelompok orang.

Hal ini bisa membuat rasa saling menghormati dan menghargai,  jadi tidak terjadi tindakan-tindakan yang tidak menyenangkan (bullying) di antara teman sekolah. Keunggulan Keterampilan yang di miliki oleh pendidik sebaya adalah mampu berkomunikasi baik dengan teman sebaya, jadi tidak ada batasan untuk menyampaikan sesuatu, sementara peran guru sebagai fasilitator.

Yang penting di ingat bahwa anak-anak itu adalah peniru yang ulung, maka berikanlah mereka contoh tindakan nyata bukan hanya sekedar kata-kata.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Suporter Persibat Dilarang Datang, Manajemen Mengadu ke PSSI

UPGRIS Siapkan Beasiswa Bagi Juara NAJWA Fest 2017