in

Pancasila di Mata Milenial

Butiran pancasila tidak hanya cukup dihafalkan saja. Ideologi ini justru harus dijalankan. Lantas seperti apakah pancasila di mata generasi milenial yang akan jadi pemilik bangsa ini untuk 50 tahun ke depan?

Apa Kata Milenial Tentang Pancasila?

Pancasila ada dasar negara Republik Indonesia. Tidak bisa dipungkiri kalau ideologi yang hidup ini menjadi jembatan pemersatu segala perbedaan di Indonesia. 

Tidak hanya itu saja, bahkan pancasila juga menjadi alasan utama kenapa Indonesia itu penuh dengan keberagaman. Lewat acara Apa Kata Milenial Tentang Pancasila yang diadakan di basecamp DPP PSI dengan menghadirkan bintang tamu Afi Nihaya Faradisa (penulis muda), dan Gloria Natapradja Hamel (paskibraka 2016) serta para tamu anak muda lainnya, kita akan menemukan beragam pendapat Pancasila dari mereka.

Afi : Pancasila Itu Wadah Kebersamaan

Masih ingat dengan penulis muda Afi NIhaya Faradisa? Sebagai bintang tamu di acara Pancasila di mata Milenial.

Perempuan muda ini punya tanggan tersendiri ketika diberikan pertanyaan seputar makna pancasila bagi dirinya.

Menurutnya, Pancasila itu lebih ke dasar dari segala dasar. Jadi gak ada alasan gak tau pancasila.

“Pancasila lebih ke dasar dari segala dasar. Kita punya cara dan pandangan berbeda-beda. Darisitu butuh sesuatu untuk menyatukan. Jadinya, Pancasila adalah wadah untuk menyatukan perbedaan. 

Gloria : Pancasila Adalah Ruh

Pengibar bendera (paskibraka) yang pernah jadi obrolan netizen karena terkait status kebangsaan ini juga punya sudut pandang sendiri terhadap pancasila.

Perempuan bernama lengkap Gloria Natapradja Hamel yang kini sudah resmi jadi WNI ini menganggap kalau Pancasila adalah ruh.

“Pancasila itu adalah apapun yang udah kita pelajari dari SD. Jadi kalau gak tau apa itu pancasila namanya keterlaluan. Buat aku, pancasila itu adalah ruh kita dalam berbangsa dan bernegara”.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

HIPMI cetak Ribuan Wirausaha Baru Tiap Tahun

Pertamina Peduli Kesehatan Serahkan 7 Armada Ambulans Gratis