in , ,

Oktober 100 Persen E-Toll di Semua Jalur Toll Semarang

Semarang, UP Radio – Mendukung program Gerakan Nasional non Tunai yang telah dicanangkan pemerintah Jasa marga sebagai pengelola jalan tol di Indonesia akan segera memberlakukan pembayaran sistem cash less di jalan tol.

General Manager jasa Marga cabang Semarang A.J. Dwi Winarsa mengungkapkan mulai akhir bulan Oktober pembayaran di jalan tol Semarang akan 100 persen menerapkan transaksi non tunai.

“ 30 September 2017, akan dilakukan klusterisasi tol 100 persen nontunai di pintu tol Gayamsari dan Muktiharjo. Sedangkan pada 31 Oktober akan dilakukan klusterisasi tol 100 persen nontunai di pintu tol Tembalang dan Manyaran,” ungkap Dwi Winarsa, di Semarang (30/8).

Sebelum diberlakukan system Cash less transaksi non tunai di wilayah tol Semarang hanya mencapai 30 persen dari total transaksi pembayaran jalan tol yang di wilayah semarang mencapai Rp370 juta per hari dari total 140 ribu kendaraan perhari.

Berbagai persiapan menurut Dwi Winarsa juga terus dilakukan dengan rencana merubah 18 gardu tol dari total 32 gardu layanan menjadi Gardu tol otomatis (GTO) di 3 seksi tol di wilayah Semarang.

 “Dalam tahap awal ini yang dimulai pada 31 Oktober 2017, dua pintu tol masih dijaga satu orang petugas untuk membantu pengendara sekaligus sosialisasi. Namun transaksi yang dilakukan tetap nontunai,” ungkapnya.

Sosialisasi Tranformasi system transaksi non tunai di jalan tol cabang Semarang telah dilakukan dengan menggunakan media promosi yang dimiliki jasa marga baik melalui media massa maupun spanduk dan baliho di sepanjang jalan tol.

“Mulai minggu ke-dua dan ke-tiga bulan September sistem non tunai akan diuji coba di gerbang tol Gayam sari dan Tol Muktiharjo mulai tanggal 11 – 23 September,” tambahnya.

Kendati telah banyak dilakukan sosialisasi namun pihak pengelola tetap akan preventif melakukan penjualan kartu e-toll di setiap gerbang tol untuk mengantisipasi pengendara dari luar kota yang belum memiliki kartu pembayaran elektronik.

Petugas akan menjual kartu e-toll yang dibutuhkan jika ada pengendara yang belum mempunyai kartu. Dalam sehari, Jasamarga menyediakan sebanyak 7.500 kartu yang didistribusikan di pintu tol bagi para pengendara yang ingin memiliki uang elektronik.(shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Pertamina Bekali Mekanik Bengkel Dengan BPJS Kesehatan

Pertamina Siaga Melayani Selama Libur Idul Adha