IOH Bersama KADIN Gelar Pelatihan IT & Coding untuk Sektor UMKM, Pertanian, dan Perikanan di Solo

Solo, UP Radio – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menggelar program KADIN Tech Challenge: Menuju Indonesia Emas 2045.

Peserta program mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan berbagai sistem baik itu berupa database, sistem berbasis web, bahkan berbentuk aplikasi.

Head of Region Central & West Java Indosat Ooredoo Hutchison, Swandi Tjia, mengatakan, Program KADIN Tech Challenge diselenggarakan di tiga kota di Indonesia, dengan kick-off di Kota Solo dan diikuti peserta yang berasal dari pelajar hingga freelancer yang dilaksanakan selama dua hari secara tatap muka (13-14 Mei 2023).

“KADIN Tech Challenge diikuti oleh lebih dari 300 peserta rangkaian IDCamp x KADIN 2023 di kota Solo, Medan, Makassar dan sekitarnya yang melanjutkan ke level menengah. Nantinya setengah dari mereka yang berhasil mencapai tingkatan ini akan menerima pelatihan secara tatap muka,” kata Swandi.

Kelulusan program akan dilaksanakan pada Agustus 2023 sejalan dengan selesainya KADIN Tech Challenge dan 300 peserta tersebut akan otomatis tergabung ke dalam platform alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub.

Program alumni IDCamp dan KADIN Talent Hub akan memberikan informasi lowongan kerja, penawaran pelatihan, dan program karir lain yang sesuai dengan keahlian para alumni.

Indosat dan KADIN Indonesia juga mengajak para peserta IDCamp X KADIN 2023 untuk membuat berbagai solusi dalam program KADIN Tech Challenge: Menuju Indonesia Emas 2045. Tiga sektor yang menjadi fokus penyelesaian masalah adalah sektor pertanian, perikanan serta pemberdayaan UMKM.

Peserta memiliki waktu hingga Agustus 2023 untuk menyumbang ide dan solusi melalui produk yang mereka buat.

“Perputaran uang di sektor ekonomi digital sangat besar, diperkirakan mencapai Rp4.800 triliun di tahun 2030. Ini akan menjadi kekuatan kita di Asia Tenggara, hampir 40 persen pangsanya,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Swandi, selaku perusahaan telekomunikasi dengan visi ‘Empowering Indonesia’ Indosat juga mengajak para milenial segera beradaptasi, sehingga pertumbuhan ini harus juga diimbangi dengan perkembangan talenta digital Indonesia.

“Dari data yang masuk, sejak pertama kalinya IDCamp ini diluncurkan pada 2019, ada setidaknya lebih dari 182ribu alumni yang telah mengikuti serangkaian pembelajaran online. Program ini akan terus kita dorong dan menjadi salah satu ‘champion’ dari program CSR Indosat,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Firlie H. Ganinduto, mengaku, menyambut baik program kolaborasi antara KADIN Indonesia dengan Indosat untuk bergotong royong mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 melalui pemberian program beasiswa IDCamp x KADIN 2023 guna mengembangkan talenta digital di Indonesia.

“Selanjutnya, para peserta program beasiswa dari wilayah Solo (dan sekitarnya) juga berkesempatan untuk langsung mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari dengan jaringan pengusaha yang ada di Solo untuk diserap menjadi tenaga kerja terlatih,” katanya.

Dalam program ini, KADIN Indonesia bersama dengan Indosat memfokuskan pada tiga sektor. Ketiga sektor tersebut salah satunya melibatkan sektor UMKM, terutama untuk wilayah Solo dan sekitarnya, yang mana dianggap sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

UMKM sendiri memiliki kontribusi besar dalam mendominasi struktur usaha Indonesia serta menyerap 97% tenaga kerja. Serta sektor pertanian dan perikanan yang juga memiliki peran penting untuk menjaga ketahanan pangan. (rls)