in

Kampung Pelangi Jadi Sorotan Netizen Dunia

Satu hal yang membuat kita bangga dengan kota Semarang ini, Kampung Pelangi. Tepatnya terletak di Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Daerah ini sekarang lebih dikenal dengan nama “Kampung Pelangi”. Kampung Wonosari disebut dengan Kampung Pelangi lantaran karena bangunan di sana dicat dan dilukis dengan banyak warna seperti pelangi.

Kampung serupa yang juga disebut Kampung Pelangi di daerah lain di Indonesia juga ada banyak. Namun mungkin Kampung Pelangi di Semarang menjadi yang beruntung telah diberitakan banyak media internasional. Tempat ini dulunya merupakan pemukiman kumuh di pinggir sungai. Sekarang telah menjelma menjadi tempat wisata yang instagrammable.

Keindahan Kampung Pelangi dan hasil kerja pemerintah Semarang lah yang menjadi perhatian media-media asing ini:

BoredPanda

http://www.boredpanda.com/rainbow-village-kampung-pelangi-indonesia/

Sejak warga desa memperindah lingkungannya, Kampung Pelangi ini telah menunjukkan peningkatan pariwisata internasional secara signifikan.

Bahkan tagar #kampungpelangi di Instagram mulai dibanjir dengan foto dan video keindahan tempat tersebut.

BuzzFeed

https://www.buzzfeed.com/jemimaskelley/rainbow-af

Pemerintah daerah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 300 juta untuk mendanai transformasi ini. Bantuan juga diberikan oleh Asosiasi Pembangun Indonesia di Semarang, yang menyediakan cat dan pekerja untuk proyek tersebut. Pekerjaan selesai bulan lalu dan warga sangat senang dengan hasilnya.

Vogue

http://www.vogue.com/article/rainbow-village-indonesia-instagram-travel

Hampir semua permukaan eksterior rumah dari dinding, atap, tangga dan pagar jembatan tertutup dengan berbagai warna pelangi.

Bahkan Vogue memujinya dengan kata “Seperti sentuhan mistik cetak Mara Hoffman yang terwujud dalam bentuk fisik” diberitakan pada Minggu (14/5/2016).

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

6 Alasan Kenapa Meraih Beasiswa LPDP itu Keren

Penanaman Bibit Mangrove oleh Dosen dan Mahasiswa PGSD UPGRIS