in , , ,

Juara KRI 2018 Regional 3 Siap Tanding di KRI 2018 Nasional

Semarang, UP Radio – Persaingan ketat dalam Kontes Robot Indonesia 2018 Regional III terjadi disemua kategori yang dipertandingkan dan diikuti oleh 74 tim Robot dari 28 Perguruan Tinggi terjadi hingga Rabu malam (18/4) menjelang penutupan.

Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Dr. Didin Wahidin MPd mengungkapkan secara kualitas hasil karya mahasiswa sudah semakin baik dan telah diakui secara internasional.

“Saya baru pulang mengantar kontingen dari Tim Robotic Universitas Gajahmada, mengikuti Kontes Robot Internasional di Amarika Serikat dan Berhasil mendapat Medali emas,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara penutupan Kontes robot Indonesia 2018 Regional III di Universitas PGRI Semarang, Rabu malam (18/4).

Kontes ini, menurutnya menjadi ajang seleksi untuk mengikuti KRI tingkat nasional yang akan diikuti oleh para juara KRI 2018 di tingkat Regional yang mempertandingkan 4 kategori robot yaitu Kontes robot Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) Indonesia (KRAI), Kontes robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

“Setiap pemenang KRI 2018 regional III ini akan mengikuti seleksi lanjutan di kejuaraan KRI 2018 tingkat nasional yang akan mempertemukan setiap Juara di regional I, II dan IV,” tambahnya

Dari segi penyelenggaraan, Didin juga merasa puas dan dinilai lebih meriah dari penyelenggaraan yang telah berlangsung selama ini bahkan jauh lebih bagus disbanding kontes robot tingkat internasional.

“Melihat kualitas penyelenggaraan yang sangat baik, Saya ingin nantinya Kontes Robot International akan bisa diselenggarakan di Indonesia,” pungkasnya.

Hasil akhir Kontes Robot Indonesia Regional III

Kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) : Juara I. Robot Heroes (Universitas Gajahmada) , II. Robot Brahmana (Institut Sains dan Tehnologi AKPRIND Yogjakarta), III. Robot Ell Toro (Univ. Dian Nuswantoro), Juara Harapan Robot Kayubi (Politeknik Negeri Banjarmasin), Design Terbaik diraih Robot Maestro Evo (Universitas Negeri Yogjakarta) dan Strategi Terbaik diraih Robot Heroes (UGM Yogjakarta)

Kontes robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) : Juara I. Robot D’Avecenna 2.8 (Unisulla Semarang) , II. Robot Al-Fatih (UGM Yogjakarta), III. Robot Al-Jazari (Univ. Ahmad Dahlan), Juara Harapan Robot R2C-Alceo (UKSW Salatiga), Design Terbaik diraih Robot D’Avecenna 2.8 (Unisulla Semarang) dan Strategi Terbaik diraih Robot Al-Fatih (UGM Yogjakarta)

Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) : Juara I. Robot Lanange Jagad (Univ. Ahmad Dahlan) , II. Robot Rosemery (Univ. Negeri Yogjakarta), III. Robot Alfan (UGM Yogjakarta), IV. Robot Jan’nah (USM Semarang), Artistik Terbaik Robot Rosemery (Univ. Negeri Yogjakarta)

Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) : Juara I. Robot Mobo-Evo (Univ. Negeri Yogjakarta) , II. Robot EWS Barracuda (Undip Semarang), III. Robot Fukuro (UGM Yogjakarta), Juara Harapan Robot R2C-Warrior (UKSW Salatiga), Design Terbaik diraih Robot Mobo-Evo (Univ. Negeri Yogjakarta) dan Strategi Terbaik diraih Robot Robot Fukuro (UGM Yogjakarta). (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote