in , ,

IKM Semarang Terima Bantuan Mesin dan Peralatan Dari Kemenperin

Semarang, UP Radio – Anggota DPR-RI Komisi VI dari PDIP, Juliari P Batubara menyerahkan bantuan mesin dan peralatan dari Kementerian Perindustrian untuk para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Kota Semarang bertempat di Kantor Kecamatan Semarang Barat, Semarang.

“IKM pasti alatnya sudah tua atau alat terbatas sehingga Kemenperin berkepentingan mendorong produktivitas tentu dengan memberi alat-alat,” ujar

Anggota DPR-RI dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Juliari P Batubara di sela-sela penyerahan bantuan.

Juliari mengatakan, potensi industri di Kota Semarang yang baik harus bisa dikuasai para pelaku usaha lokal Semarang agar bisa menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Selain itu, menurutnya dengan mudahnya memasarkan produk di e-commerce harus pula dimanfaatkan agar produk-produk dari IKM bisa dikenal dan lebih maju.

“Kita akan buat acara khusus dengan teman-teman e-commerce untuk sosialisi bahwa IKM bisa mendisplay (produknya) secara digital. Sekarang buat toko kan butuh biaya besar, iya kalau orang datang dan kita kan enggak bisa paksa (datang ke toko). Sekarang melalui handphone sudah bisa beli ini (barang yang diinginkan) engga perlu datang dan (kesempatan) ini harus dimanfaatkan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang, Nurjanah menambahkan, pada penyerahan bantuan kali ini ada tiga kelompok yang menerima mulai dari bengkel, industri bandeng dan sentra pengasapan ikan.

“Bantuan yang diberikan kali ini ada 3 kelompok penerima yakni dari sentra setel pintu, jenisnya itu ada 20 set yang masing-masing set ada 19 item untuk 20 orang, di bandeng ada lima unit alat, sentra ikan asap ada 23 fresher,” ujarnya.

Dia menjelaskan, perlatan yang diberikan disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan IKM tersebut. Seperti halnya dari indutri ikan asap yang memerlukan sebuah freezer untuk ikan agar tidak cepat busuk. (ksm)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote