Jakarta, UP Radio – Memasuki usia 26 tahun melayani masyarakat Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meneguhkan tekad untuk terus mendukung visi pemerintah dalam mewujudkan masyarakat “Indonesia Lebih Baik”.
Sesuai tema HUT ke-26, #AdaUntukIndonesiaAdaUntukKitaSemua, XL Axiata selama 2 tahun tidak pernah berhenti memberikan dukungan sosial guna meningkatkan kualitas hidup kepada masyarakat Indonesia hingga ke area-area pelosok negeri.
Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan XL Axiata telah menyelenggarakan beragam program sosial baik yang berhubungan langsung dengan bidang telekomunikasi, maupun program khusus yang memang urgent dibutuhkan oleh masyarakat.
“XL Axiata adalah bagian dari masyarakat Indonesia. Selain melakukan aktivitas bisnis, kami juga tidak mungkin menutup mata atas problem sosial yang terjadi di sekitar atau yang menjadi persoalan secara nasional, seperti kemarin penanganan Covid-19, demi Indonesia Lebih Baik,” ungkap Dian.
Program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dilaksanakan secara komprehensif yang didasarkan antara lain pada kebutuhan masyarakat, jangkauan layanan XL Axiata, serta kompetensi dan keahlian XL Axiata. Dalam 3 tahun terakhir, beragam program sosial telah kami laksanakan yang menghadirkan manfaat bagi lebih dari 1,5 juta orang masyarakat di hampir seluruh wilayah Indonesia.
Menurut Dian sejumlah inisiatif berupa program CSR yang terukur dan berkelanjutan yang saat ini masih terus berjalan, berfokus pada dukungan bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, nelayan, usaha mikro dan menengah, serta bantuan darurat kepada korban bencana alam.
Program CSR bidang pendidikan tersebut adalah
• Akademi Madrasah Digital, merupakan Local-Talent Enablement Program, yang menyasar pada siswa Madrasah Aliyah (setingkat SMU), bekerjasama dengan Kementerian Agama RI. Pemberian pelatihan soft-skill dan hard-skill, untuk dapat menciptakan produk solusi digital yang industrial grade dan mampu menjawab permasalahan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing yang dikembangkan dengan teknologi IoT (Internet of Things).
• XL Future Leaders (XLFL) di mana sampai tahun ini telah meluluskan lebih dari 1.100 peserta, menghasilkan 75 project IoT dan AIoT serta memberikan manfaat kepada lebih dari 1 juta mahasiswa penerima manfaat baik langsung maupun tidak langsung
• Donasi laptop dan router serta internet gratis ke pesantren-pesantren di seluruh Indonesia, agar para santri juga siap menghadapi era digital.
Program pemberdayaan masyarakat meliputi
• Sisternet, berfokus pada peningkatan kemampuan perempuan Indonesia di era digital. Sejak 2015, lebih dari 200 ribu orang perempuan telah mengikuti kelas-kelas Sisternet untuk meningkatkan keahlian.
• Laut Nusantara, berfokus pada komunitas Nelayan dan keluarganya agar dapat meningkatkan taraf hidup. Pada program ini, XL Axiata membangun aplikasi Laut Nusantara yang memiliki fitur-fitur untuk mempermudah nelayan kecil menangkap ikan di laut secara aman.
• Desa Digital Nusantara, merupakan wujud dukungan XL Axiata kepada upaya pemerintah untuk mengakselerasi adopsi digital oleh masyarakat hingga ke pelosok pedesaan. Peluncuran berlangsung di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, dengan memanfaatkan sarana digital agar mereka siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital
Program sosial dari karyawan melalui MTXL
• Pelatihan dan pemberdayaan masyarakat desa, antara lain pelatihan beternak ayam di Jawa Timur, pemberdayaan perkebunan hortikultura di Sumatera Selatan, pemberdayaan usaha Air Mineral di Madura, pemberdayaan gurame di Jogja, pemberdayaan ternak kambing di Sulawesi Tengah, wisata hijau di Lampung dan pemberdayaan disabilitas di Kalimantan Timur.
• Pembangunan jembatan desa di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.
• Pembangunan masjid di Gampong Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, dan Dusun Claket, Desa Bulugunung, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Penanganan Covid-19
XL Axiata juga telah secara aktif ikut ambil bagian dalam mendukung upaya pemerintah dalam menangani Covid-19 di periode 2020-2021. Berikut beberapa program yang telah dilaksanakan:
• Membangun “Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit” di Depok bekerjasama dengan UI dan RSUI yang menargetkan masyarakat Jabodetabek, “Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit” di Medan bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik dan Pemerintah Kota Medan. Total 91.000 dosis vaksin yang sudah diberikan ke masyarakat.
• Donasi Rp 10,8 miliar melalui BNPB baik berupa dana maupun beragam alat perlindungan diri (APD) serta bantuan akses komunikasi.
• Penguatan jaringan di area sekitar fasilitas penanganan Covid-19.
Dian menambahkan untuk masyarakat yang menjadi korban bencana alam, XL Axiata juga berusaha turut serta secara aktif memberikan bantuan kebutuhan darurat maupun akses internet serta telepon untuk berkomunikasi kepada masyarakat yang terdampak bencana.
Bantuan atau donasi tersebut antara lain terkait banjir bandang di Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, Erupsi Gunung Semeru Jawa Timur, Erupsi Gunung Ile Lewotolok Nusa Tenggara Timur, Gempa Bumi di Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat, serta Gempa Bumi Sulawesi Barat. Juga ada penyediaan jaringan telekomunikasi untuk mendukung evakuasi korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan laut Kepulauan Seribu.
Selain melalui program sosial perusahaan, memasuki usia ke-26 tahun, XL Axiata juga terus berupaya meningkatkan layanan bagi pelanggan melalui berbagai program, salah satunya implementasi pengalaman pelanggan (customer experience) dengan menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan melalui berbagai inisiatif, mulai dari memfasilitasi masukan dari pelanggan melalui real time Net Promoter Score (NPS) yang berguna dalam mengukur loyalitas pelanggan, hingga mendapatkan masukan untuk menghadirkan inovasi yang sesuai kebutuhan pelanggan.
Dalam rangka merayakan HUT ke-26, XL Axiata memberikan promo menarik diskon 26% untuk semua paket dengan kode promo “XL26”, paket 26GB seharga Rp 26.000 berlaku 7 hari, Paket YouTube 2,6GB seharga Rp 2.600, serta Vidio Diamond Mobile (Berlaku 30 hari) seharga Rp 26.000 yang bisa didapatkan melalui aplikasi myXL.
Tidak hanya itu, terdapat promo menarik lain berupa potongan harga hingga 70% untuk Paket Xtra Combo Plus, juga diskon mulai dari 50% hingga Gratis untuk Xtra Kuota yang tersedia di fitur “Special For You” pada aplikasi myXL. Semua produk menarik dari layanan prabayar ini tersedia di aplikasi myXL pada 6-9 Oktober 2022. (rls)