Grand Candi Hotel Tidak Mau Bergantung Dari Reservasi Online

Semarang, UP Radio – Tahun 2017 menjadi tonggak semakin meningkatnya peran online bagi industri pariwisata dan perhotelan di Indonesia. Kondisi ini memacu pihak pengelola hotel untuk terus memperluas akses pasar melalui situs situs online.

General Manager Grand Candi Hotel Semarang Yulia SKB mengungkapkan peningkatan reservasi kamar menggunakan layanan online sudah semakin meningkat signifikan sejak 1 tahun terakhir.

“Tahun 2016 baru sekitar 5 persen reservasi online oleh para tamu, namun saat ini prosentase telah mencapai lebih dari 35 persen melalui layanan online,” beber Yulia.

Advertisement

Meski demikian, Lanjut Yulia pihaknya tidak bergantung sepenuhnya pada reservasi online dan tetap melakukan pemasaran konvensional, dimana di satu sisi tingkat ocupancy hotel akan lebih tinggi, namun disisi lain margin yang didapatkan hotel akan berkurang.

“Margin yang didapatkan harus dibagi dengan pihak perusahaan penyedia layanan online, dan harganya pun bisa lebih rendah dibanding harga jual saat pemesanan langsung,” ujarnya.

Grand Candi Hotel tidak serta merta melakukan pemasaran online tetapi juga menerapkan pembatasan sistem kerjasama dimana saat tinggkat ocupancy tinggi, penjualan online juga dibatasi. Namun jika ocupany menurun maka penjualan online pun di tingkatkan. (shs)

Add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement