in , ,

Goa Kreo Gelar Ritual Sesaji Rewanda kembali tahun ini.

Semarang, UP Radio – Ritual tahunan tersebut  diadakan di pelataran Goa Kreo Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati  (05/07) dan dibuka oleh Sekda Kota Semarang Adi Trihananto. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Administrasi Umum Agustin Lusin, Kepala OPD, warga masyarakat dan wisatawan.

Ritual Sesaji Rewanda diawali dengan arak-arak mengusung empat gunungan dari Kampung Kandri ke Goa Kreo, sepanjang sekitar 800 meter. Di barisan terdepan, empat orang dengan riasan dan kostum monyet warna merah, putih, hitam, dan kuning. Barisan selanjutnya adalah replika batang kayu jati yang konon diambil oleh Sunan Kalijaga. Baru kemudian barisan gunungan dan para penari. Ritual arak-arakan dengan mengusung replika batang kayu jati tersebut merupakan bagian dari napak tilas Sunan Kalijaga saat ke Goa Kreo yang dahulu merupakan kawasan hutan jati. Sunan Kalijaga mencari batang kayu jati pilihan untuk mendirikan Masjid Agung di Demak.

Nasi dan lauk yang dibungkus daun jati, setinggi sekitar 2,5 meter, langsung habis diambil ratusan warga dan wisatawan Nasi golong yang oleh warga setempat disebut sego kethek (nasi monyet) itu hanya boleh diberi lauk sayuran, tempe, dan tahu.

Sementara itu, gunungan buah-buahan langsung diserbu puluhan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) begitu diletakkan di depan pintu Goa Kreo yang berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang. Sesuai namanya, rewanda yang artinya monyet, sesaji ini memang ditujukan bagi monyet-monyet yang selama ini menghuni kawasan Goa Kreo.

Selain gunungan buah-buah dan gunungan sego kethek, masih ada dua gunungan lain, yaitu gunungan hasil bumi (yang berisi antara lain jagung, singkong, mentimun, wortel, kacang tanah) serta gunungan lepet dan ketupat. Empat gunungan ini merupakan bagian dalam ritual Sesaji Rewanda yang berlangsung meriah di desa wisata Kandri. Ritual yang selalu diadakan warga Kandri pada 1 Syawal menjadi atraksi wisata unggulan Pemerintah Kota Semarang. (pemko)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Musim Liburan Picu Kenaikan angka Hunian Hotel di Jateng

PLN Buka Kesempatan Kerja Bagi Lulusan SMA/SMK di 27 Kota