Semarang, UP Radio – Menyambut Tahun Baru 2019, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & DIY, Jumat (21/12), menerjunkan 1.028 karyawannya secara serempak untuk menyambangi para pelanggan pasca bayar di kedua provinsi ini secara door-to-door.
Kegiatan bertajuk ‘Sapa Pelanggan’ ini dilepas oleh General Manager UID Jateng & DIY, Agung Nugraha, didampingi Senior Manager General Affairs, Audi Damal, dan Senior Manager Sumber Daya Manusia, Suparyanto.
Senior Manager General Affairs PLN, Audi Damal mengatakan, kegiatan Sapa Pelanggan ini menyasar 1.251.263 pelanggan pasca bayar, dari total 7.102.558 pelanggan pasca bayar di Jateng-DIY. Sapa Pelanggan sengaja diprioritaskan pada pelanggan yang tercatat belum melakukan pembayaran listrik, terhitung 21 Desember 2018, pukul 07.00 WIB.
“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengingatkan sekaligus mengedukasi pelanggan pasca bayar, terkait bayar listrik tepat waktu, yakni di awal bulan atau sebelum tanggal 20 setiap bulannya,” katanya.
Ditambahkan, selain bertujuan untuk mengedukasi pelanggan, PLN juga ingin mendapatkan feedback terkait layanan PLN. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya PLN mendekatkan diri dengan pelanggannya.
“Kami ingin makin dekat dengan pelanggan dan mengajak pelanggan untuk lebih sadar, tidak lupa memperhatikan batas waktu pembayaran listrik, agar terhindar dari penghentian arus listrik sementara dan dapat menikmati perayaan Tahun Baru 2019 secara nyaman, tanpa rasa khawatir karena belum membayar tagihan listrik,” imbuh Audi.
Dijelaskan, kegiatan Sapa Pelanggan kali ini menyasar semua lapisan pelanggan pasca bayar, baik segmen Rumah Tangga, Bisnis dan Industri. Dalam kesempatan tersebut, banyak pelanggan yang menyampaikan aspirasinya mengenai peningkatan pelayanan PLN.
Audi menuturkan, kebutuhan para pelanggan selama ini juga sudah diakomodir melalui aplikasi PLN mobile. Aplikasi tersebut memudahkan pelanggan dalam mengetahui informasi tagihan, melakukan permohonan tambah daya dan pasang baru, pengaduan layanan kelistrikan dan layanan lainnya.
“PLN mobile bisa dengan mudah didapatkan dengan mengunduh pada App Store di perangkat iOS dan Play Store, di perangkat Android,” ujarnya.
Menurutnya, tidak hanya edukasi tentang bayar listrik tepat waktu dan sosialisasi PLN Mobile, PLN juga memberikan informasi terkait Contact Center PLN 123.
“Di saat masyarakat merayakan Natal dan Tahun Baru, layanan Contact Center PLN 123 akan tetap siaga 24 jam melayani pelanggan. Apabila ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, pelanggan tetap dapat menghubungi Contact Center PLN di nomor telepon 123, Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id,” tutup Audi. (rls/shs)