Semarang, UP Radio – Meski pasar otomotif secara nasional dan Jawa Tengah – DIY mengalami tekanan akibat pandemi, namun penjualan mobil di Nasmoco tetap mampu mencatatkan pertumbuhanpenjualan sepanjang tahun 2022.
Marketing Director Nasmoco Group, Hartono Dinata mengungkapkan selama 2022 penjualan toyota mengalami peningkatan dibanding total penjualan tahun 2021. “market share Totota sepanjang tahun 2022 mencapai diatas angka 18ribu unit atau 29,9 persen atau meningkat 0,4 persen dibanding tahun 2021,” terang Hartono saat peresmian Gazoo Racing (GR) Zone di Nasmoco Siliwangi baru-baru ini.
Menurut Hartono peningkatan penjualan Toyota ini ditopang oleh Low MPV yang masih mendominasi penjualan di pasar otomotif Jateng dan DIY.
“Sebagian besar penjualan Toyota dikuasai oleh Avansa, Velos, Calya, Agya dan Innova Zenix. Semua tipe-tipe itu mendominasi penjualan dengan capaian persentase antara 60 – 65 persen,” ujarnya.
Membaiknya kondisi pasar dan percepatan pemulihan ekonomi Indonesia juga menumbuhkan optimisme produsen otomotif untuk memacu peningkatan penjualan di tahun 2023.
Hartono menambahkan di tahun 2023 Nasmoco mentargetkan peningkatan hingga 10 persen dibanding tahun 2022.
“Tahun 2023 ini harapan kita berharap bisa menaikkan lagi, karena kita melihat potensi market juga akan naik. Target kita naik sekitar 10 persen atau diatas 19 ribu unit,” tambahnya.
Mendukung capaian terget tersebut, Hartono mengaku pabrikan telah menyiapkan sejumlah strategi mulai dari mengikuti pameran dan juga menyiapkan produk baru yang semakin kompetitif.
“Pertengahan Februari 2023 kita akan memperkenalkan sejumlah produk baru di ajang Pameran IIMS 2023. Yang pasti produk baru kita di ditampilkan di sana, saya belum bisa bicara produk baru itu sekarang, kita Tunggu saja,” beber Hartono Dinata.
“Pokoknya akan banyak promo Nasmoco nanti di semester 1 akhir, kemudian juga di Q3 juga ada kejutan kejutan dari Toyota untuk mentrigger kita untuk bisa merebut kembali pososi market leader di Tahun 2023,” pungkas Hartono. (shs)