in ,

Dinas Kesehatan Siapkan Posko Kesehatan di Jalur Mudik

Dinas Kesehatan Jawa Tengah menyiapkan posko pelayanan kesehatan, yang tersebardi sepanjang jalur mudik Lebaran di wilayah pantura, jalur selatan dan Jalur tengahbekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten kota.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan setiap Posko akan dijaga seorang dokter dersama dengan sejumlah tenaga perawat dan stok obatobatan serta satu unit mobil ambulan yang siaga untuk melayani kebutuhankesehatan para pemudik. 

“Setiap Puskesmas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik buka 24 jam untuksiaga melayani pemudik dan mengantisipasi terjadinya kejadian luar biasa,”tegas Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, setiap Posko dan Puskesmas juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pengemudi atau sopir angkutan Lebaran.Karena, pemeriksaan kesehatan itu diaggap penting, untuk menghindari kecelakaan akibat faktor kelelahan dan mengantuk.

Pemeriksaan kesehatan yang tersedia di setiap Posko meliputi tekanan darah,kolesterol, kandungan alkohol dan cek kesehatan lainnya. 

“Khusus untuk posko kesehatan di pelabuhan laut, juga membuka layanan untukmemeriksa setiap penumpang yang berasal dari daerah khususnya untuk endemikpenyakit malaria,” Tutup Yulianto. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Pemprov Jateng Sediakan Bus dan KA untuk Mudik Gratis 2017

DPRD Jateng Minta Pemerintah Jamin Stok Pangan Jelang Lebaran