in ,

Dewan Berharap Posisi Sekda Baru Semarang Mampu Jadi 'Jembat

Semarang, UP Radio – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Supriyadi menanggapi proses seleksi calon Sekda Kota Semarang yang saat ini masih berlangsung. Menurutnya dengan banyaknya pilihan pejabat eselon 2 yang memenuhi kriteria, akan terpilih calon sekda yang kompeten dan bisa jadi tangan panjang pemerintah kota.

“Baik dalam hal komunikasi politik, sosial, dan hubungan di internal pemerintah kota, sekda baru nanti diharapkan bisa jembatan yang baik. Kami pun berharap yang terpilih nanti adalah calon sekda yang paham regulasi, punya pengalaman, menguasai politik anggaran, dan memiliki komunikasi yang baik agar bisa diterima semua pihak. Termasuk bisa jadi mitra DPRD,” katanya, Kamis.

Tidak hanya dari internal Pemkot Semarang, dengan teknis lelang terbuka ini dia berharap akan ada pejabat dari luar daerah yang ikut seleksi. Termasuk dari pejabat Provinsi Jateng.

Karena bisa saja sosok sekda yang terpilih nanti dari luar daerah karena ini memang lelang terbuka.

“Namun yang dikehendaki adalah pejabat yang paham wilayah Kota Semarang,” katanya.

Dia pun berharap seluruh pejabat di Pemkot Semarang yang sudah memenuhi kriteria admisnistratif bisa percaya diri untuk ikut seleksi. Apalagi mereka memiliki peluang sama.

“Tim seleksi juga harus bersikap netral tanpa ada kepentingan-kepentingan yang tidak diharapkan. Sehingga terpilih sekda yang benar-benar kompeten,” paparnya.

Supriyadi pun berharap sekda baru bisa terpilih secepatnya sesuai jadwal yang ada. Saat ini, katanya, sudah mendekati pembahasan anggaran baru.

“Sekda terpilih juga kami harapkan cepat menyesuaikan diri agar persiapan penganggaran tahun 2020 tidak terkesan terburu-buru. Maka untuk itu penguasaan anggaran dan regulasi juga harus bagus,” tandasnya.

Sebagai informasi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melakukan seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang.

Pengungumuman tersebut pun telah dipublikasi di website resmi Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Semarang. Adapun pendaftaran seleksi terbuka jabatan Sekda Kota Semarang terjadwal mulai 29 Mei hingga 21 Juni mendatang.

Dalam seleksi ini, Pemkot Semarang melibatkan pihak eksternal untuk menjadi panitia seleksi (pansel) pengisian jabatan Sekda Kota Semarang.

Ketua Pansel Terbuka Sekda Kota Semarang, Tavip Supriyanto mengatakan, seleksi ini terbuka tidak hanya bagi aparatur sipil negara (ASN) di Kota Semarang saja, namun seluruh wilayah Jawa Tengah dengan catatan memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Pihaknya juga telah memberikan pengunguman terkait seleksi ini kepada seluruh BKPP di Jawa Tengah. Sehingga dia yakin dalam waktu dekat ini nama-nama bakal calon akan bermunculan.

Tavip memaparkan, tahapan yang harus dilalui oleh bakal calon nantinya, akan ada seleksi administrasi terlebih dahulu. Setelah itu, jika dinyatakan lolos para calon akan melanjutkan seleksi kompetensi berkaitan dengan manajerial dan sosiokultural. Lalu, seleksi akan dilanjutkan dengan uji gagasan tertulis dan gagasan lisan.

Dalam gagasan tertulis, mereka harus membuat makalah terkait program kegiatan yang inovatif sesuai visi misi Wali Kota Semarang. Sedangkan dalam gagasan lisan, para calon harus melakukan presentasi dan wawancara dengan Pansel.

“Jadi kami benar-benar menilai kemampuan dan kompetensi-kompetensi para calon. Terakhir nanti, ada penelusuran rekam jejak,” ucapnya.

Adapun untuk tim Pansel terbuka Sekda Kota Semarang, terdiri dari satu dari unsur Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) dan empat kalangan akademisi, yaitu Tavip Supriyanto dari unsur pemerintah provinsi, Ketua program magister Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono, Rektor Unika Soegijapranata Semarang Ridwan Sanjaya, Rektor Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Soeparno, dan Wakil Rektor Undip Darsono. (ksm)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Penjelasan Lengkap PPDB Online SMA Provinsi Jateng 2019

Lokalisasi Sunan Kuning Bakal Ditutup 17 Agustus Mendatang