in , ,

Bursa Wisata Indonesia IV Tarik Wisatawan ke Jateng

Semarang, UP Radio – Ratusan Buyers dari berbagai kota di Indonesia hingga manca negara menghadiri Bursa Wisata Indonesia (BWI) ke 4 yang diselenggarakan DPD Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jateng dan berlangsung di Patra Convention Hotel (7/11).

Ketua Panitia BWI 4 Sony Wimas mengungkapkan hadirnya 329 Buyers telah mengkonfirmasi untuk mengikuti Bursa Wisata yang terdiri dari member Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) dari seluruh Indonesia.

Menurut Sony kegiatan ini dirancang untuk menawarkan paket wisata dari 110 seller untuk buyers dengan konsep business to business yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

“Seller yang sebagian besar berasal dari luar propinsi jawa tengah mulai Asosiasi Wisata Agro Indonesia, Desa Wisata, Hotel hingga Theme Park dan Travel Agent Airline hingga Transport menawarkan paket khusus bagi setiap buyers,” ungkap Sony.

Dari kepesertaan BWI ke 4 ini, lanjut Sony, mengalami peningkatan dibanding ke- tiga penyelenggaraan BWI sebelumnya, dimana event kali ini pihaknya mampu mencapai target transaksi mencapai Rp1,5 Miliar.

“BWI selalu diselenggarakan di bulan November dan diakhir tahun merupakan musim liburan sehingga tawaran paket liburan ke berbagai destinasi wisata menjadi paket yang paling diminati oleh buyers,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Urip Sihabudin menilai event BWI menjadi salah satu media untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Jawa Tengah.

 “Penawaran Bursa Wisata bisa dimanfaatkan untuk lebih maksimal mengundang wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata Jawa Tengah,” ujar Urip.

Saat ini Jawa Tengah semakin intens mengoptimalkan kunjungan wisata untuk meningkatkan pendapatan Daerah dengan meningkatkan promosi serta menata destinasi wisata yang ada.

“Jawa Tengah memiliki 4 Destinasi utama Borobudur, Dieng, Sangiran dan Karimun jawa yang masih menjadi favorit wisatawan mancanegara dan semakin meningkat setiap tahunnya,” tambahnya.

Dengan semakin banyaknya destinasi wisata yang ditawarkan, lanjut Urip, pihaknya optimis akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke jawa tengah, dan pemerintah akan berkoordinasi dengan pihak pengelola untuk meningkatkan kualitas SDM agar tidak datang sekali saja tetapi akan berulang lagi. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%