Jakarta, UP Radio – Bulan penuh berkah dan lebaran, mendorong tiap insan yang menunaikan serta merayakannya dengan berbagi kebahagiaan. Saat ini, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, serta perkembangan industri pengiriman ekspres, membuat jarak tidak menjadi kendala bagi siapa pun untuk berbagi kebahagiaan dengan kerabat atau keluarga.
Tradisi berbagi kebahagiaan dan merayakan lebaran tersebut, mendorong peningkatan dalam berbagai hal, salah satunya di bidang e-commerce karena peningkatan aktifitas berbelanja online oleh masyarakat. Hal ini diakui oleh salah satu pelaku bisnis online, yaitu Andri Susilowati, owner dari Himalaya Outdoor Jakarta yang menjual berbagai perlengkapan aktifitas outdoor, seperti hiking gear, jaket, tas, dan sebagainya.
“Pemesanan via online untuk perlengkapan aktifitas outdoor meningkat cukup tinggi ketika memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran lalu hingga mencapai sekitar 400%. Biasanya di periode normal, per hari pesanan berjumlah kurang lebih 400 barang, saat bulan puasa dan lebaran kemarin sampai kurang lebih 2000 barang dalam sehari”, ungkap Andri yang juga merupakan member JLC (JNE Loyalty Card) asal Jakarta.
Begitu juga dengan salah satu mitra JNE, yaitu Elly Tan, selaku owner dari sales counter JNE Explore yang berlokasi di Tanjung Duren Raya No.17C Jakarta Barat. “Jumlah paket yang dikirimkan melalui sales counter JNE Explore, meningkat hingga mencapai kurang lebih 25% selama Ramadhan dan Idul Fitri kemarin. Jenis paket yang dikirimkan pun didominasi oleh produk fashion muslim seperti hijab, mukena, peci, sarung, dan yang lainnya”, ungkap Elly.
Di bulan Ramadhan serta Idul Fitri tahun ini, jumlah pengiriman JNE secara nasional juga meningkat dibanding periode normal. Bahkan dalam peak season kali ini, kenaikannya adalah yang tertinggi sepanjang sejarah JNE berdiri sejak tahun 1990 silam, karena menjelang lebaran lalu peningkatan jumlah pengiriman dalam 1 hari sempat mencapai lebih dari 100% dibanding hari biasa.
“Kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Terima kasih sebesar – besarnya kepada seluruh pelanggan setia atas kepercayaannya memberikan amanah pengiriman paket kepada JNE. Kami pun sangat bersyukur karena jumlah pengiriman JNE selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini meningkat hingga lebih dari 40%,” ujar Presiden Direktur JNE M. Feriadi.
Feriadi mengatakan bahwa selanjutnya JNE akan terus menjalankan langkah – langkah untuk memaksimalkan kualitas pelayanan agar dapat selalu memenuhi kebutuhan pengiriman masyarakat yang terus berkembang saat ini. “Agar dapat selalu mewujudkan semangat tagline “Connecting Happiness” kepada masyarakat, maka JNE terus melanjutkan transformasinya menjadi perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik di era digital”, jelasnya.
Hal tersebut direalisasikan dengan penambahan kapabilitas di sektor IT. “Aktifitas pengiriman paket dapat dilakukan dengan lancar serta nyaman kapan pun dan dimana pun apabila informasi yang dibutuhkan bisa didapatkan dengan mudah. Sehingga JNE pun mengembangkan terus fasilitas dan infrastruktur IT perusahaan agar pelanggan dapat semakin mudah bertransaksi dengan JNE“, tutur Feriadi.
“Kami berharap pengembangan yang JNE lakukan, dapat memberikan kontribusi nyata terhadap berbagai pihak, baik swasta dan pemerintahan, di era Industri 4.0 dimana kebutuhan konsumen juga turut berkembang,” pungkasnya. (shs)