in , ,

BI Gandeng Perbankan Layani Penukaran Uang

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah menggandeng tujuh perbankan di kota Semarang melayani penukaran uang langsung pada masyarakat dengan menyediakan armada Mobil kas Keliling  di GOR Tri Lomba Juang Semarang kemarin.

Kepala BI Kanwil Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo menyatakan Bank Indonesia menyiapkan 8,4 Trilyun Rupiah untuk penukaran uang masyarakat selama persiapan perayaan lebaran.

“Tujuh perbankan ini mewakili 58 bank yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan penukaran uang menghadapi Lebaran tahun ini,” ungkap Hamid Ponco Wibowo .

Penukaran uang dilakukan melalui mobil kas keliling dari masing-masing perbankan. Perbankan yang terlibat pada penukaran uang tersebut, yaitu Bank Jateng, Maybank, BTN, BRI, Bank Mandiri, BCA, dan BNI.

Selain kerja sama dengan perbankan, BI juga melakukan layanan kas keliling, baik di dalam kota maupun luar kota.”Untuk kas keliling di dalam kota akan menjangkau beberapa pasar tradisional dan modern, seperti Pasar Jatingaleh, Johar, dan Peterongan,” katanya.

Meski melayani penukaran uang melalui kas keliling, katanya, untuk layanan kas di Kantor Perwakilan BI Jateng akan tetap dilakukan, tetapi khusus untuk penukaran uang rusak, dicabut, dan ditarik dari peredaran.

Pada kesempatan tersebut Hamid Ponco Wibowo mengimbau kepada masyarakat agar melakukan penukaran secukupnya atau sesuai dengan kebutuhan. “Pengalaman kami selama ini, uang yang baru saja ditukarkan sudah masuk lagi ke bank, sehingga tidak perlu menukar uang melebihi kebutuhan,” imbuh PoncoBerdasarkan data, dari sisi nominal, kebutuhan uang pecahan besar di Semarang didominasi oleh pecahan Rp50.000 yang mencapai 49,5 persen dari total kebutuhan uang.Untuk kebutuhan uang pecahan kecil didominasi oleh pecahan Rp20.000 yang mencapai 12 persen.Selanjutnya kebutuhan uang logam terbanyak adalah nominal Rp1.000 yang mencapai 0,1 persen dari total kebutuhan uang di Semarang. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Bulog Siapkan Pasar Murah untuk Kendalikan Harga

UP Radio bagikan Ratusan Takjil dan Buka Puasa