in ,

Asian Para Games 2018 Siap Digelar di 16 Kota

Semarang, UP Radio – Indonesia kembali bersiap menggelar event International Asian Para Games (APG) tahun 2018. Sebagai tuan rumah penyelengaraan APG 2018 Indonesia akan menerima kedatangan 3000 atlit penyandang disabilitas dan ofisial dari 43 negara Asia anggota Asian Paralympic Committee yang akan mempertandingkan 18 cabang olahraga.

Perwakilan Indonesia Paragames Committee Bambang Dwi Atmaja mengungkapkan APG akan dilaksanakan tanggal 6-13 Oktober 2018 mendatang yang akan diselenggarakan di 16 kota di Indonesia.

“Berbagai persiapan telah dilakukan dengan sosialisasi di 20 titik di 16 kota besar di Indonesia,” kata Bambang saat menyelenggarakan sosialisasi Di Semarang (22/12).

Sosialisasi APG, lanjut Bambang, dilaksanakan di sejumlah pertokoan besar di tiap daerah yaitu Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Yogjakarta serta Semarang.

“Sosialisasi INAPGOG berupa penyebaran informasi dan aktivitas yang melibatkan perwakilan National Paralympic Committee, Perwakilan INAPGOC dan Perwakilan Atlet disailitas,” ungkapnya.

Dengan sosialisasi di 16 kota diharapkan mampu untuk mengangkat kemeriahan Asian Para Games 2018 seperti layaknya event olahraga Asea games.

Sementara itu ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Atlet Jawa tengah Slamet Wdodo mengungkapkan ditingkat Asia Tenggara Atlet Indonesia menduduki peringkat pertama ditahun 2017.

“Di kejuaraan para Games tingkat Asia nantinya mentargetkan mampu menduduki peringkat ke 5 dari penyelrnhgaraan sebelumnya yang berada di peringkat 9,” ungkap Slamet.

Menurut Slamet, Target tersebut merupakan tantangan dari prrsiden Joko Widodo saat pihaknya melakukan audiensi dengan president beberapa waktu lalu.

Dari tantangan tersebutselanjutnya melakukan pemertaan potensi atlit yang diharuskan mampu meraih minimal 17 medali emas dari sejumlah cabang seperti Atletik, renang, catur, angkat besi dan bulutangkis.

 “Pemusatan Latihan (Pelatnas) akan mulai dilaksanakan di bulan Januari 2018. Hingga saat ini belum didapatkan nama nama atlet yang akan mengikuti Pelatnas,” ujarnya.

Slamet yang juga Pelatih Atletik Nasional ini juga mentargetkan seperti saat pelatnas Para Games tingkat Asia tenggara lalu Jawa Tengah akan mengirimkan 25 persen dari total atlet yang mengikuti Pelatnas. (shs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote