Suci: Perguruan Tinggi Harus Inovatif untuk Ciptakan Lulusan yang Berkualitas

Semarang, UP Radio – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) terus meningkatkan kualitas SDM untuk menjadi salah satu perguruan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas.

Hal tersebut dikatakan Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati MHum saat acara Penyerahan Sertifikat Kompetensi dan Launching Laboratorium Multimedia UPGRIS, di Gedung Pusat UPGRIS, Senin (21/10/2024).

“Hari ini sangat membahagiakan, 20 dosen Dosen UPGRIS telah menerima sertifikat skill intstructor kepada pengampu Mata Kuliah Media Pembelajaran Multimedia,” kata Sri Suciati.

Advertisement

Menurut Rektor, setelah penyerahan sertifikat kompetensi dari BNSP ini, kesibukan dosen akan bertambah luar biasa dan usaha tersebut pasti akan memberikan berkah bagi mahasiswa, bagi lulusan dan bagi Universitas PGRI Semarang.

“Para dosen yang telah memiliki sertifikat kompetensi Skill Instructor nantinya pasti akan terlibat dalam proses sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa. Karena para dosen ini juga akan akan menjadi penyelenggaraan hingga pengujian,” tambahnya.

Rektor mengungkapkan, kualitas lulusan saat ini tidak dinilai dari nilai akademik yang ditunjukkan dengan Indeks Prestasi (IP). Akan tetapi, lulusan sebuah perguruan tinggi harus bisa menunjukkan kompetensinya.

“Kita sudah memulai sejak lama, kemudian panennya saat ini karena terus kita upayakan untuk menambah dosen-dosen yang bersertifikat. Upaya inovatif yang akan terus dilakukan tentu juga akan menambah mahasiswa yang memiliki sertifikat kompetensi,” ujarnya.

Hingga sekarang sebanyak 1.423 mahasiswa telah memiliki sertifikat kompetensi melalui skema uji kompetensi yang ada.

“Bahkan saat ini semua tenaga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPGRIS, telah memiliki sertifikat kompetensi Digital Marketing, Study Human Resources dan Pengukuran Produktifitas hingga Assessor Kompetensi,” jelas Rektor.

Dengan kompetensi yang telah dimiliki, Sri Suciati juga meyakini, nantinyasetiap lulusan UPGRIS akan bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain di dunia kerja. (shs)

Advertisement