Kadarlusman kembali pimpin DPRD Kota Semarang

Semarang, UP Radio – Politikus PDI Perjuangan Kadarlusman yang akrab disapa Pilus terpilih kembali sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang untuk periode lima tahun ke depan.

Pilus didampingi tiga wakil ketua DPRD, yakni Dyah Tunjung Pudyawati (Partai Gerindra), Suharsono (Partai Keadilan Sejahtera), dan Wahyoe Winarto (Partai Demokrat).

Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kota Semarang Masa Jabatan 2024-2029 berlangsung pada rapat paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Kota Semarang, Selasa.

Advertisement

Pilus sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Semarang periode 2019-2024, kemudian ditunjuk sebagai pimpinan DPRD sementara sebelum didefinitifkan.

“Alhamdulillah untuk yang periode ini saya diberikan kepercayaan lagi sebagai pimpinan atau Ketua DPRD Kota Semarang,” kata Kadarlusman, usai rapat paripurna.

Berdasarkan pengalaman memimpin lembaga legislatif di periode sebelumnya, ia mengatakan bahwa komunikasi dengan seluruh fraksi merupakan hal yang paling penting.

“Karena percuma saja kami diberikan amanah, tetapi komunikasi dengan dengan partai tidak terjalin atau tidak berjalan dengan baik,” katanya.

Dengan komunikasi dan hubungan yang baik dari pengalaman periode sebelumnya, kata dia, maka lembaga legislatif mengawal seluruh program Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang ada di Kota Semarang dengan baik.

Setelah ini, kata dia, segera dibentuk alat kelengkapan dewan (AKD) yang ditargetkan selesai paling lama dalam 3-4 hari atau pada pekan ini rampung.

Setelah AKD terbentuk, kata dia, legislatif bisa segera melakukan pembahasan APBD 2025 yang sebenarnya sudah diajukan oleh Pemerintah Kota Semarang.

“Sebetulnya surat sudah masuk dari wali kota ke DPRD. Karena belum terbentuk AKD, kami belum bisa berbuat atau melakukan pembahasan. Nah, Alhamdulillah pagi ini sudah diambil sumpah janji (pimpinan) dan AKD segera kami bentuk,” kata Pilus.

Sementara itu, Wali Kota Semarang menyampaikan selamat atas ditetapkannya pimpinan DPRD Kota Semarang 2024, dan kali ini ada keterwakilan perempuan.

“Sekarang ada keterwakilan perempuan. Jadi, nantinya kolaborasi yang sudah baik akan bisa menjadi lebih baik dan lebih bagus lagi,” kata Ita, sapaan akrabnya.

Selama lima tahun kemarin, kata dia, Pemkot Semarang telah bekerja sama baik dengan DPRD untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah (PR), dan diharapkan bisa lebih baik untuk lima tahun ke depan karena tantangannya lebih berat.(ksm)

Advertisement