Mbak Ita Minta Anggota Dharma Wanita Persatuan Jaga Netralitas Jelang Pilkada

Semarang, UP Radio – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggelar acara Serah Terima Jabatan Ketua Antar Waktu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Semarang Masa Bhakti 2019-2024 pada Senin (14/10) di Gedung Moch Ichsan Lantai 8 Balaikota Semarang.

Kini DWP Kota Semarang dipimpin oleh Dwi Sunaryani Mukhamad Khadik yang menggantikan ketua lama, Lies Iswar Aminuddin. Serah terima disaksikan dan Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu serta Ketua DWP Provinsi Jawa Tengah, Wahyu Indah Anggraeni Sumarno.

Dalam acara tersebut, Mbak Ita, menggarisbawahi pentingnya menjaga netralitas, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Menurutnya, anggota DWP sebagai istri ASN harus menjaga sikap netral untuk mendukung stabilitas dan kondusivitas selama proses pemilihan berlangsung.

Advertisement

“Saya mohon kepada bapak ibu sekalian untuk kita menjunjung asas netralitas. Kaitannya sama suami, kita harapkan kita semua bisa mengatur diri kita, bisa menjaga diri kita. Pokoknya kalau panjenengan netral, panjenengan enak suami bisa berkarir semakin tinggi,” tegas mbak Ita.

Dirinya juga menekankan pentingnya peran DWP dalam mendukung kinerja suami, serta mengembangkan program yang mampu memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat dan anggota DWP.

Di akhir sambutan, Mbak Ita menyampaikan harapan agar DWP tidak hanya berperan dalam mendampingi suami yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) tetapi juga berkontribusi dalam berbagai program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu yang menjadi fokus adalah program pemenuhan kebutuhan gizi anak di Kota Semarang, di mana DWP akan dilibatkan secara aktif.

“Dengan kepemimpinan baru ini, saya berharap DWP bisa memberikan kontribusi nyata mulai dari keluarga terkecil hingga masyarakat luas. DWP diharapkan turut serta mendukung program-program pemerintah dan menjadi bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Mbak Ita.

Sebagai organisasi yang beranggotakan istri ASN dan PPPK, organisasi ini memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota guna tercapainya tujuan nasional.

Sementara itu, Ketua DWP yang baru dilantik, Dwi Sunaryani, menyampaikan rencana melanjutkan berbagai program kesejahteraan, termasuk keterlibatan dalam program makan siang bergizi untuk anak. Salah satu sasaran program tersebut adalah sekolah binaan DWP, diawali pada 40 TK Pertiwi binaan DWP.

Lebih lanjut, dirinya juga berharap bisa bersama-sama pengurus dan anggota DWP Kota Semarang menyelesaikan masa bakti ini dengan baik.

“Dalam waktu dekat, kami akan fokus mendukung program makan siang bergizi di TK Pertiwi, sekolah binaan DWP Kota Semarang. Kami juga akan menyelenggarakan kegiatan HUT Dharma Wanita pada bulan Desember dengan konsep yang lebih terbuka, melibatkan masyarakat sekitar, sehingga tak hanya menjadi acara formal internal, tetapi lebih inklusif,” jelas Yani Khadik.

Advertisement