Keterwakilan Perempuan di DPR RI Periode 2024-2029 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Anggota DPR RI periode 2024-2029, Siti Mukaromah. (Foto : Dok.IG)

Jakarta, UP Radio – Perolehan kursi perempuan dalam DPR RI periode 2024-2029 menjadi yang tertinggi dalam sejarah. Tercatat, pada periode ini anggota DPR RI perempuan jumlahnya mencapai 127 orang, sedangkan pada periode sebelumnya hanya 120 orang.

Anggota DPR RI, Siti Mukaromah mengatakan, ada penambahan 7 anggota DPR RI perempuan pada periode ini. Menurutnya, hal tersebut merupakan angin segar bagi kaum perempuan, karena akan semakin banyak keberpihakan terhadap isu dan kebijakan perempuan.

“Hal ini akan menjadi angin segar bagi isu dan kebijakan, khususnya yang berpihak pada perempuan, ibu, anak dan keluarga”, kata Siti Mukaromah.

Advertisement

Lebih lanjut politisi PKB ini memaparkan, situasi Pemilu 2024 memiliki tantangan berbeda dari pemilu sebelumnya. Kehadiran calon anggota legislatif baru, baik di internal maupun dari partai lain, menjadi salah satu indikator kaderisasi di partai politik berjalan dengan baik. Strategi dalam perolehan suara, lanjutnya, juga berbeda-beda sehingga hal ini menjadi salah satu tantangan tersendiri.

“Masyarakat beralih dukungan adalah hal yang biasa dalam pemilu kemarin. Ada yang idealis dan tidak sedikit juga yang pragmatis”, tuturnya.

Wakil rakyat dari Dapil Jateng VIII ini menilai, salah satu yang menjadi kelebihan dari politisi perempuan adalah keluwesan dalam menghadapi situasi di lapangan.

Advertisement