DJP dan BPK Lakukan Sinergi Perkuat Pengawasan Keuangan Negara

Semarang, UP Radio – Direktorat Jendral Pajak (DJP) terus berupaya memperkuat sinergi antar instansi dalam rangka pengamanan keuangan negara.

Mewujudkan sinergi tersebut Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I Nurbaeti Munawaroh bersama Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Etty Rachmiyanthi beserta jajaran pejabat eselon III dari masing-masing Kanwil mengunjungi Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Tengah di Semarang (1/10).

Dalam kunjungan tersebut Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I dan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II beserta jajaran pejabat eselon III dari masing-masing Kanwil diterima oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah Karyadi.

Advertisement

Dalam kegiatan audiensi ini, beberapa poin penguatan sinergi dibahas oleh kedua belah pihak. Diantaranya adalah penguatan sinergi dalam rangka pengamanan keuangan negara.

Salah satunya adalah membantu melakukan pengawasan terhadap pemungutan pajak bagi lembaga pemerintah. Yang kedua, baik BPK maupun DJP sepakat untuk memperkuat pengelolaan negara melalui APBN dengan tugas dan fungsi masing-masing.

“Terima kasih telah berkunjung ke BPK, kami sampaikan bahwa kami siap mengawal pengelolaan APBN, terutama dalam penggunaannya oleh instansi atau lembaga,” ungkap Karyadi.

“Karena seperti kita ketahui, setiap rupiah dari APBN ini dibiayai oleh pajak yang dibayarkan oleh rakyat,” pungkasnya.

Senada dengan Karyadi, Nurbaeti menyampaikan bahwa untuk mengumpulkan penerimaan negara saat ini dibutuhkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak. Salah satu yang menjadi mitra strategis DJP adalah BPK.

“Tentunya kami tidak bisa mengumpulkan penerimaan negara ini sendirian, mohon dukungan dari bapak.” ungkap Nurbaeti.

Selain membahas sinergi, audiensi kali ini juga dilakukan sebagai bentuk perkenalan. Pasalnya, masing-masing instansi pengelola keuangan negara ini telah melakukan pergantian pimpinan di Jawa Tengah.

Sebelumnya, DJP sendiri telah melakukan beberapa audiensi dalam hal penguatan sinergi antar lembaga pemerintah guna mewujudkan tercapainya kepatuhan dan penerimaan pajak yang tinggi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi antar lembaga dan kepatuhan wajib pajak, khususnya di wilayah Jawa Tengah. (rls)

Advertisement