Haornas 2024, Jateng Komitmen Kembangan “Sport Tourism”

Pekalongan, UP Radio – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Alun-Alun Kota Pekalongan, berlangsung meriah, Senin (9/9/2024). Acara yang dihadiri ribuan orang itu, penuh dengan atraksi dan hiburan.

Acara dimulai sejak pukul 07.00 WIB, dibuka dengan pertunjukan tari, selanjutnya Pekalongan Batik Carnival yang muncul diiringi drumband. Tak kalah menarik, belasan karateka unjuk kebolehan di depan tamu undangan dan peserta.

Peringatan Haornas ke-41 Jawa Tengah secara resmi dibuka simbolis dengan tendangan bola perwakilan pejabat pemprov, pemkot, serta dinas terkait. Sebagai penutup, ada aksi barongsai dan pentas musik.

Pelaksana Harian (Plh) Asisten III Sekda Provinsi Jawa Tengah, Slamet AK mengatakan, peringatan Haornas ke-41 tahun ini sejalan dengan momentum PON Aceh dan Sumatera Utara 2024, sekaligus Pekan Paralimpik Nasional 2024 mendatang di Surakarta.

“Ini sangat relevan dengan dua momen, yang pertama PON di Aceh dan Sumut, lalu Paralimpik di Surakarta pada Oktober mendatang,” ujarnya.

Tema yang diusung juga sesuai dengan HUT ke-79 Jawa Tengah, yakni Jawa Tengah Maju Gemilang. Artinya, pemerintah hadir dalam pengembangan olahraga ke depan. Selain sebagai sarana kesehatan, olahraga juga bisa menjadi solusi peningkatan sektor pariwisata.

“Selain soal kesehatan juga bisa menjadi industri yang meningkatkan pariwisata di Jawa Tengah. Itu harapan besar kami, yakni sport tourism. Mengenalkan wisata-wisata melalui olahraga,” tuturnya.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkomitmen terus mendukung dan mendorong kemajuan olahraga.

“Kami mendukung dan mendorong melalui skema pendanaan, skema kegiatan, dan skema program, untuk meningkatkan prestasi olahraga di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Panitia Peringatan Haornas ke-41 Jawa Tengah, Syurya Deta Syafrie mengatakan, tema “Jawa Tengah Maju Gemilang” diusung untuk memberikan semangat bagi atlet yang berlaga di PON Aceh dan Sumatera Utara dan Perpanas 2024.
“Agar para atlet mampu mengharumkan nama Jawa Tengah,” paparnya.

Peringatan Haornas kali ini, jelas Deta, dihadiri oleh 300 tamu undangan dan 2597 peserta dari unsur pembina, atlet, mahasiswa, pelajar, komunitas, dan masyarakat umum.