BNNP Jateng Terjunkan Empat Tim Periksa Bakal Calon Pilkada 2024

Semarang, UP Radio – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng menerjunkan empat tim untuk melakukan pemeriksaan bakal pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2024.

Empat tim BNNP Jateng akan melakukan pengecekan dan pemeriksaan pada Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota/bupati beserta wakilnya.

Kepala BNN Provinsi Jateng, Agus Rohmat memaparkan, ada empat tim yang diantaranya melakukan pemeriksan di RSUP Dr Kariadi. Ada 13 orang yang melakukan pemeriksaan terhadap 16 paslon. Selain di Kariadi, BNN juga menerjunkan tim di beberapa RS di Jateng. 

“Klaten 10 orang, Mawardi Solo 10 orang. Margono 10 orang,” urainya, saat di RSUP dr Kariadi, Jumat 30 Agustus 2024.

Agus memaparkan, proses pemeriksaan tes narkoba bagi calon gubernur, bupati, maupun walikota beserta wakilnya diawali dengan registrasi menggunakan aplikasi bos dengan memasukan NIK dan NPWP.

Selanjutnya, bakal paslon mengisi urin di tempat yang telah disiapkan. BNN melakukan pemeriksaan dengan tujuh parameter baik narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. 

“Dari BNN, kami melakukan dengan menggunakan alat tes urin,” ucapnya. 

Kemudian, sambung Agus, BNN akan mengeluarkan surat keterangan hasil pemeriksaan narkoba setelah didapatkan hasil dari pemeriksaan. Hasil tes bakal paslon akan diplenokan pada 2 September mendatang. 

“Hasil akan diumumkan di tanggal 2 tersebut. Semuanya baik gubernur, bupati, walikota, beserta wakilnya,” katanya. (ksm)