Jelang HPN, Layanan PLN Tetap Prima Melalui Customer Sharing & Caring

Semarang, UP Radio – Sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan, PLN berkomitmen selalu memastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang prima. Di sisi transmisi, pelanggan tersebut adalah Konsumen Tegangan Tinggi (KTT), dimana dalam pengoperasian usahanya, pelanggan tersebut menggunakan listrik tegangan tinggi.

Jelang hari pelanggan pada 4 September mendatang, berbagai program PLN melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) untuk memastikan bahwa seluruh pelanggan telah mendapatkan pelayanan prima kian digencarkan di sejumlah wilayah kerja. Di UPT Semarang, program tersebut dilakukan melalui Customer Sharing and Caring yang dilakukan dengan Kunjungan Langsung ke KTT.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah, Tejo Wihardiyono mengatakan, kegiatan Customer sharing and caring ini merupakan agenda rutin PLN UIT JBT untuk menerima laporan, keluhan dan masukan dari pelanggan guna meningkatkan pelayanan PLN kedepannya.

”Kepuasan pelanggan menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan PLN dalam menyediakan listrik. Dengan mendengarkan pelanggan, kita jadi tahu bagaimana hasil kerja kita, apakah sudah optimal atau masih perlu diimprove lagi. Tentunya kinerja baik harus dipertahankan dan jika masih ada kesempatan untuk meningkatkan pelayanan, jadikan itu prioritas supaya pelayanan kita dalam menyediakan listrik semakin baik,” terang Tejo.

Agenda Kunjungan dalam rangka Customer Sharing dan Caring di Wilayah kerja PLN UPT Semarang ini dilakukan di tiga lokasi yaitu PT Asia Pasific Fibers, Tbk. yang berlokasi di Kendal, PT Semen Grobogan di Grobogan, dan PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang.

Turut berpartisipasi juga dalam kunjungan ini yakni Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) – Institut Teknologi Bandung yang memberikan sharing terkait Kajian Power Quality terhadap operasional pelanggan KTT.

”Kunjungan KTT ini menjadi ruang bagi kami untuk menerima feedback yang diharapkan dapat menjadi sebuah improvement untuk mengoptimalkan pelayanan kelistrikan. Namun tentunya feedback tidak hanya bisa diberikan saat kunjungan ini saja, karena komunikasi kami dengan KTT selalu terbuka setiap saat jika dibutuhkan,” tambah Manager UPT Semarang, Nofrizal Erdiansyah.

Kunjungan dalam rangka Sharing dan Caring tersebut tentunya dibarengi juga dengan upaya PLN untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas layanan kelistrikan melalui berbagai program kegiatan diantaranya pemeliharaan preventif seperti pemeliharaan peralatan jaringan dan Gardu Induk, melakukan inspeksi rutin, peningkatan keandalan sistem proteksi hingga implementasi inovasi dalam wujud Aplikasi Dashboard KTT.

Yang mana, aplikasi berbasis web tersebut memungkinkan pelanggan KTT dapat melihat secara realtime kondisi kelistrikan yang menyuplai usahanya, mulai dari tegangan dan frekuensi listrik, tingkat pembebanan, hingga report hasil kegiatan pemeliharaan yang telah dilaksanakan PLN.

Merespon kunjungan tersebut, salah satu perwakilan PT. Semen Grobogan, Irman Rostaman, menyatakan apresiasinya atas pelayanan kelistrikan yang diberikan PLN.

”Kami sangat mengapresiasi kegiatan dan program-program PLN, khususnya melalui kegiatan Customer Sharing and Caring ini. Secara keseluruhan PLN telah memberikan pelayanan yang unggul, namun tentunya tidak menutup kemungkinan masih adanya ruang perbaikan atau opportunity for improvement. Kami berharap, kolaborasi ini dapat terus terjalin guna meningkatkan produktivitas masing-masing perusahaan,” pungkas Irman. (har)