KPP Semarang Selatan Gelar Patur di SMKN 9 Semarang

Semarang, UP Radio – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Semarang Selatan baru baru ini (Rabu, 7/8), menggelar kegiatan pajak bertutu menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Semarang yang diikuti 144 siswa dari jurusan Akuntasi di Aula utama sekolah.

Kegiatan diisi oleh pegawai KPP Pratama Semarang Selatan dengan tujuan memberikan edukasi kepada para siswa mengenai pentingnya pajak dalam pembangunan negara.

Berbagai kegiatan ditampilkan dalam acara tersebut diantaranya tarian yang berasal dari Semarang Warak Dugder yang dibawakan oleh lima orang penari dari siswa-siswi SMKN 9 dan penampilan dari ekstrakurikuler kolintang yang membawakan beberapa lagu tradisional hingga penampilan empat penari Gambyong.

Kepala SMKN 9 Semarang, Arif Ediyanto SPd MPd menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPP Pratama Semarang Selatan yang telah memilih SMKN 9 Semarang sebagai salah satu sekolah tempat pelaksanaan Pajak Bertutur.

Menurut Arif, meskipun kegiatan Pajak Bertutur hanya berlangsung selama satu hari, tetapi harapannya melalui tagline “Sehari Mengenal, Selamanya Bangga,” seluruh peserta, terutama para siswa, dapat memahami dan menghargai pentingnya pajak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Negara Indonesia tidak akan bisa maju seperti sekarang tanpa pajak yang kita bayarkan,” ujar Arif.

Dirinya berharap seluruh siswa dapat menerima edukasi yang diberikan dengan baik dan menambah wawasan mereka mengenai perpajakan.

Plh. Kepala KPP Pratama Semarang Selatan Adi Santoso mengungkapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan bagi KPP Pratama Semarang Selatan untuk menggelar kegiatan Pajak Bertutur di sekolah tersebut.

Adi menjelaskan bahwa kegiatan Pajak Bertutur telah diadakan setiap tahun sejak tahun 2017 dan pada tahun 2024 ini memasuki tahun ke-8 pelaksanaannya.

“Hari ini, kegiatan Pajak Bertutur dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.” ujar Adi.

Dia menambahkan tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan untuk mengadakan kegiatan ini, dan SMKN 9 Semarang menjadi salah satu sekolah yang terpilih untuk melaksanakan kegiatan ini.

“Semoga acara ini memberikan manfaat bagi seluruh peserta yang hadir dan mengajak para siswa untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik serta menikmati seluruh rangkaian acara tanpa kehilangan keceriaan,” tambahnya.

Dalam paparannya Kepala Seksi Pelayanan di KPP Pratama Semarang Selatan Rita Agustina Sri Rejeki, menjelaskan tentang pentingnya pajak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Indonesia.

“Pajak merupakan salah satu sumber utama pendapatan negara yang digunakan untuk membiayai berbagai sektor penting seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lainnya,” jelasnya.

Rita juga menekankan bahwa dengan membayar pajak, masyarakat turut berkontribusi dalam pembangunan negara.

Pada kesempatan yang sama Penyuluh Pajak Ahli Pertama di KPP Pratama Semarang Selatan Ika Hapsari, menjelaskan bagaimana peran siswa dalam pembangunan Indonesia dan mengajak siswa untuk menyadari bahwa mereka sebagai generasi muda memiliki peran strategis dalam mendukung keberlanjutan pembangunan negara.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memahami dan menyebarkan pentingnya pajak kepada keluarga, teman, dan masyarakat sekitar,” kata Ika.

Ika juga berharap agar para siswa dapat menjadi generasi yang taat pajak dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. (shs)