Kaesang Dinilai Punya Peluang Besar di Pilgub Jateng 2024

Semarang, UP Radio – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebut di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah dirinya memiliki peluang lebih besar dari DKI Jakarta.

“Kita lihat untuk sekarang, survei saya di DKI ini kan kecil. Mungkin yang kemarin terakhir ada di Litbang Kompas, saya masih diangka 1 persen. Alhamdulillah di Jawa Tengah, dengan tidak ada foto, tidak ada baliho, billboard. Alhamdulillah saya nomor satu,” ujar Kaesang Pangarep usai meresmikan Kantor DPD PSI Kota Semarang, Sabtu 20 Juli 2024.

Menurut Kaesang, elektabilitas dirinya yang berada diperingkat pertama untuk Pilgub Jawa Tengah tersebut patut disyukuri. “Alhamdulillah peluangnya sangat besar di Jawa Tengah,” ujar dia.

Meski demikian, Kaesang tetap meminta agar semua menunggu putusan apakah akan berlaga di DKI Jakarta atau Jawa Tengah hingga sebulan kedepan.

“Untuk yang mana (Maju Pilgub, Red), tunggu nanti di bulan Agustus saat mendaftarkan. Tunggu saja. Kalau saya mendaftar di Jawa Tengah, saya pasti ketemu lagi,” kata dia.

Ditanya terkait sosok Kapolda Jateng Ahmad Luthfi, Kaesang mengatakan, sosok Kapolda pantas untuk maju Gubernur Jawa Tengah.

“Soal itu berpasangan dengan pak Ahmad Luthfi, saya kira Jawa Tengah ini provinsi yang besar. Dan pak Luthfi sendiri juga sebagai Kapolda punya banyak yang telah dilakukan di provinsi Jawa Tengah. Saya rasa ya beliau memang pantas menjadi Gubernur untuk Jawa Tengah periode selanjutnya,” ujarnya.

Dirinya meminta awak media untuk menunggu informasi lebih lanjut terkait akan berpasangan dengan siapa nantinya Putra Bungsu Presiden RI Joko Widodo ini.

“Tapi balik lagi untuk masalah Luthfi Kaesang atau Kaesang Luthfi kita lihat nanti ya,” imbuh dia.

Seperti diketahui, survei elektabilitas Kaesang Pangarep di Provinsi Jawa Tengah menjadi yang paling tertinggi mencapai 7 persen berdasarkan Litbang Kompas. Sedangkan di DKI Jakarta hasil survei Kaesang Pangarep hanya 1 persen. (