Advokat Perlu Fasilitasi Warga Kurang Mampu Mendapatkan Pendampingan Hukum

Semarang, UP Radio – Pengadilan Tinggi Semarang menggelar agenda Sidang Terbuka Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah dan Janji Advokat di bawah Organisasi Advokat Perhimpunan Advokat Indonesia ( PERADI) yang diselenggarakan di Aula Lantai 2 Pengadilan Tinggi Semarang (26/6/2024).

Pengambilan Sumpah Atau Janji Advokat di bawah Organisasi Advokat baru diikuti lebih dari 200 calon advokat di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Pasca Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah dan Janji Advokat, selanjutnya digelar acara ramah tamah guna mempererat tali silahturahmi.

Pada pertemuan tersebut, 51 Advokat baru juga membahas sejumlah agenda organisasi diantaranya menetapkan Advokat asal kabupaten Cilacap Sugiarto AMd SE SH sebagai ketua forum.

Dalam sambutannya Sugiarto mengungkapkan perlunya meningkatkan silahturahmi antar anggota advokat agar tetap solid.

“Melalui forum ini diharapkan bisa melahirkan ide untuk membentuk komunitas anggota advokat dan membuat struktur pengurus,” ujar Sugiarto.

Selain menetapkan Sugiarto sebagai ketua, forum juga mengangkat Heru Iswanto SH (kota Semarang) sebagai wakil ketua, Purwanto (Jepara) sebagai bendahara dan Ragil Wahyuningsih SH MH (Demak) sebagai sekretaris.

Dalam diskusi tersebut juga mengemuka wacana untuk membentuk Lembaga Bantuan Hukum ( LBH ).

Sugianto berharap dengan dibentuknya LBH dalam komunitas ini dapat memberikan perlindungan dan membantu masyarakat yang kurang mampu secara finansial.

“Seluruh Advokat yang hadir juga sepakat bersinergi untuk meningkatkan kwalitas performa sebagai Advokat yang unggul dan berjati diri dibawah perhimpunan advokat Indonesia (PERADI),” pungkas Sugianto. (san)