PDIP Kota Semarang Optimis Tambah Kursi Parlemen di DPRD

Semarang, UP Radio – PDIP Kota Semarang berharap bisa menambah kursi parlemen di DPRD Kota Semarang. Hingga saat ini, PDIP masih menghimpun data dari setiap saksi di tempat pemungutan suara (TPS).

Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman berharap, bisa menambah kursi DPRD. Sebelumnya, PDIP sempat menargetkan 32 kursi. Namun, hasil survei terakhir pada Januari lalu menunjukan prediksi 22 – 23 kursi.

“Kita akan lihat. Kemarin sudah dilakukan proses pemilihan. Semua sudah berjalan. Ini lagi nunggu rekap masing-masing saksi di TPS. Ada yang belum selesai, ada yang sudah selesai,” papar Pilus, sapaannya, Kamis (15/2/2024).

Setelah itu, lanjut Pilus, data dari masing-masinh TPS akan dikirim ke DPC untuk dilakukan penghitungan secara global per daerah pemilihan (dapil). Sehingga, akan terlihat penambahan kursi di legislatif.

Data pada laman https://pemilu2024.kpu.go.id/,
penghitungan suara Pemilu 2024 untuk legislatif DPRD Kota Semarang baru masuk 0,19 persen atau baru 9 TPS dari total 4.646 TPS hingga pukul 15.00. Sementara, PDIP memperoleh 23,97 persen atau 484 suara di Kota Semarang.

“PDIP itu secara nasional dari 2019 atau sebelumnya ada peningkatan. Kemarin kisaran di 18 – 19 persen. Mudah-mudahan bisa mencapai 19 persen. Kalau misal 18 persen, kami masih jadi pemenang pemilu. Kota Semarang muda-mudahan hampir sama di pusat, targetnya 19 – 20 persen mudah-mudahan tercapai. Kursi DPRD kota Semarang bertambah. Semarang tetap jadi partai pemenang,” ungkapnya. (ksm)