500 Peserta Ikuti Lomba Logo HUT Kota Semarang

Semarang, UP Radio – Antusiasme warga untuk mengikuti lomba desain logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ke – 477 cukup besar. Total ada sekitar 500 desain yang di terima oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang.

Kepala Diskominfo Kota Sematang, Soenarto menjelaskan, lomba desain logo ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya, karena pendaftaran dan pengiriman hasil karya selama sepuluh hari, total ada 500 karya yang diterima.

“Kita menerima 500 desain logo antusiasme masyarakat sangat besar untuk memeriahkan dan meramaikan HUT Kota Semarang ke 477,” katanya.

Soenarto menejelaskan dari 500 karya ini, kemudian dibagi beberapa klaster desain. Contohnya klaster icon Kota Semarang, klaster budaya seperti Warak, Blekok, Pohon Asem dan lainnya. Dari seleksi yang dilakukan, kata dia, banyak peserta yang mengirimkan karya dengan desain api, yang menggambarkan semangat.

“Setelah dikelompokkan banyak yang mengirim desain api, ini mencerminkan unsur semangat,” bebernya.

Tahapan seleksi sendiri, dari 500 karya, diambil 100 karya, dan dikurasi lagi menjadi 40 karya. Pihaknya mengaku seleksi dilakukan pihak yang berkompeten, dalam bidang desain grafis, serta budaya. Nantinya 10 karya terbaik, akan disetorkan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu untuk dipilih yang terbaik.

“Kita kurasi sampai 10 besar, yang kita pilih bukan hanya gambar desain, tapi juga harus punya filosofi,” tambah dia.

Nantinya satu desain terbaik akan diumumkan pada 1 February mendatang. Pemkot sendiri akan melaunching logo HUT ke -477 ini pada 2 February dan akan digunakan dalam rangkaian HUT Kota Semarang.

“Untuk pemenang akan dipilih satu orang atau satu desian dengan hadiah Rp 7,5 juta. Ini upaya kita agar masyarakat berpartisipasi dalam rangkaian HUT dan memajukan Kota Semarang,” pungkasnya. (ksm)