Camat dan Lurah Petakan Lahan Kering yang Berpotensi Kebakaran

Semarang, UP Radio – Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menginstruksikan kepada para Camat dan Lurah untuk melakukan pendataan dan memetakan lahan kering di wilayahnya masing-masing. Hal itu guna mengantisipasi persoalan kebakaran lahan kosong.

Jika ditemukan lahan kosong yang ditumbuhi ilalang serta rumputnya mengering, dia menginstruksikan untuk segera dilakukan pembersihan.

Hal ini menyusul banyak kejadian kebakaran di Kota Semarang yang terjadi pada lahan kering. Dari data Dinas Pemadam Kota Semarang, dari 138 kebakaran, kebanyakan objek yang terbakar adalah lahan kosong.

“Pak Lurah dan Camatn kami minta untuk data dan membuat surat imbauan di wilayahnya yang memiliki lahan kosong agar dilakukan pembersihan. Maksudnya kalau lahan terbebas dari alang-alang kering, harapannya terhindar dari ancaman kebakaran,” ujar Mbak Ita, sapaan akrabnya usai Rapat Koordinasi Kewaspadaan Wilayah Terhadap Bencana Kebakaran di Balai Kota Semarang, Senin (9/10/2023).

Mbak Ita mengakui, ratusan kasus kebakaran yang terjadi di Kota Semarang pada kemarau tahun ini, memang menyulitkan petugas Damkar. Apalagi jika terjadi beberapa kasus kebakaran yang waktunya bersamaan.

Dan yang terjadi saat ini kebakaran di TPA Jatibarang membuat para petugas Damkar harus mengeluarkan tenaga extra untuk segera menuntaskan masalah itu. Maka jika ada kasus kebakaran di waktu yang sama, akan membuat konsentrasi memadamkan TPA Jatibarang menjadi terhambat.

“Sebetulnya El Nino ini salah satu dampaknya adalah masalah kebakaran. Seperti upaya pemadaman kebakaran di TPA Jatibarang, jika pada saat bersamaan ada kebakaran misal di Genuk, Wonosari, dan tadi malam di sekitar area The Park Mall, tentu akan menyulitkan. Dan ini ternyata kasus kebakaran alang-alang semua. Sehingga dari tadi malam itu ada upaya pemadaman serentak dan waktunya berbarengan. Itu tentu sangat menyulitkan petugas pemadam,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirinya akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk melakukan penanganan kebakaran di lahan kering. Selain itu Mbak Ita juga meminta Perhutani juga ikut melakukan pemetaan lahan-lahan kering di wilayah yang dikelolanya.(ksm)