Pemkot Gelar Kampanye Semarak Kanal Aduan Masyarakat #yuksapambakita

Semarang, UP Radio – Minggu (8/10) pagi, ribuan masyarakat Kota Semarang antusias memadati kegiatan Semarak Kanal Aduan Masyarakat #yuksapambakita yang digelar di kawasan Car Free Day Lapangan Simpang Lima.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai sosialisasi untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat menyampaikan aduan dan aspirasi melalui kanal pengaduan pelayanan publik “Sapa Mbak Ita.”

“Semarak Kanal Aduan Masyarakat #yuksapambakita hadir sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat agar memanfaatkan kanal aduan Sapa Mbak Ita karena melalui Sapa Mbak Ita masyarakat tidak perlu mengadu terlalu lama, cukup mengadu melalui sistem yang terintegrasi dengan OPD se-Kota Semarang,” ungkap Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Mbak Ita, sapaan akrabnya mengajak serta masyarakat untuk aktif menyampaikan aspirasi melalui Kanal Aduan Masyarakat “Sapa Mbak Ita.” Sehingga nantinya aduan warga dapat terhimpun, termonitor untuk kemudian dapat dilakukan respon cepat oleh OPD terkait atas aduan warga.

Kegiatan tersebut menghadirkan 13 tenant pelayanan publik di antaranya tenant pengurusan administrasi kependudukan, pajak daerah, perijinan, vaksin rabies, laboratorium pangan, sosialisasi Bantuan Hidup Dasar, cek kesehatan, PDAM, BPJS Ketenagakerjaan, hingga layanan KB.

Menurut Sarjito, salah seorang pengunjung yang turut hadir memeriahkan Semarak Kanal Aduan Masyarakat #yuksapambakita, kegiatan ini memberi kesempatan bagi masyarakat yang memiliki rutinitas padat di hari kerja sehingga dapat mengurus administrasi publik pada akhir pekan.

“Keren! Selain ada tenant layanan publik, kami juga diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan mendapatkan sosialisasi cara menyampaikan aduan di kanal Sapa Mbak Ita,” imbuhnya.

Sebelumnya, masyarakat antusias berpartisipasi dalam kegiatan Senam Zumba Gratis yang dipimpin oleh Instruktur Ika Sakti. Ratusan masyarakat memadati arena senam sejak pukul 05.30 WIB dan dilanjutkan dengan kegiatan mengunjungi tenant pelayanan publik pada acara Semarak Kanal Aduan Masyarakat #yuksapambakita.

Selain tenant pelayanan publik dan senam zumba gratis, dalam Semarak Kanal Aduan Masyarakat #yuksapambakita juga dilaksanakan long march kanal aduan Sapa Mbak Ita untuk menyebarluaskan informasi kegiatan sekaligus membagikan merchandise kepada masyarakat umum. Dalam kegiatan itu, lebih dari 1000 paket merchandise dibagikan kepada masyarakat umum di sekitar kawasan CFD Simpang Lima dan masyarakat yang mengunjungi tenant pelayanan publik.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang kompetisi video #yuksapambakita. Peserta kompetisi video berharap rangkaian kegiatan Semarak Kanal Aduan Masyarakat #yuksapambakita ini dapat terlaksana secara rutin karena sangat bermanfaat dan memberi kebahagiaan bagi masyarakat Kota Semarang.

“Kami sangat senang masyarakat dilibatkan dan difasilitasi kegiatan yang bermanfaat seperti ini. Terutama melalui kompetisi video ini yang dapat mengasah kreatifitas masyarakat dalam berkarya,” ujar Talenta, salah seorang peserta kompetisi video #yuksapambakita. (ksm)