Semarang, UP Radio – Selalu membayar tagihan listrik di awal bulan, Murtomo (58), salah satu pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 VA akhirnya mendapat apresiasi dari PLN Area Semarang.
“Layanan PLN saat ini semakin istimewa. Dulu di era 90-an ketika ada keluhan dari pelanggan, petugas baru datang keesokan harinya atau dua hari setelahnya. Kalau sekarang tinggal tekan 123, tidak lama petugas datang walaupun malam hari”, ungkap Murtomo ketika disambangi Tim PLN di kediamannya di Pandean Lamper, Semarang baru baru ini.
“Saya itu merasa bahwa sudah disubsidi pemerintah ya untuk menghormati itu saya bayar di awal-awal bulan. Ya sadar dengan kewajiban saya, kalau sampai terlambat itu nda enak. Masa sudah dikasih mau nunggak-nunggak”, ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai marbot masjid ini.
Mendengar suara pelanggan dan mengunjungi secara langsung adalah salah satu bentuk apresiasi yang dilakukan Tim PLN Area Semarang dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh setiap tanggal 4 September.
Manajer PLN Area Semarang Donny Adriansyah yang turut hadir dalam kunjungan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Murtomo.
Donny juga menjelaskan bahwa dalam melayani pelanggan, petugas PLN kerap berhadapan dengan pekerjaan yang harus memperhatikan keselamatan. “Kami mohon do’anya dan berharap agar pelanggan selalu dapat mendukung PLN semaksimal mungkin sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan”, imbuhnya.
Dalam kunjungan tersebut Murtomo juga menyampaikan harapannya agar PLN bisa lebih meningkatkan pelayanannya. “Kalau sekarang ini pelayanan PLN sudah lebih bagus, semoga ke depan lebih baik lagi. Kalau petugas PLN kerja lebih bagus, kan pelanggan juga enjoy,” tutur Murtomo.
Di akhir kunjungannya Tim PLN juga memberikan penghargaan berupa bingkisan atas ketertiban Murtomo dalam membayar tagihan listrik.
Mengusung tema “Senyum Pelanggan Indonesia Benderang”, kegiatan “Sapa Pelanggan” ini dilakukan untuk menjalin hubungan yang baik serta kesempatan bagi PLN untuk meningkatkan kedekatan dengan pelanggan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan PLN mampu memahami kebutuhan pelanggan serta meningkatkan pelayanan. (shs)