DPU Kota Semarang Sigap Benahi Taman Median Jalan yang Kering

Semarang, UP Radio – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang sigap benahi taman pada median jalan yang kering di Kota Semarang. Hal ini disampaikan Plt Kepala DPU Kota Semarang, Suwarto, Kamis 7 September 2023 di Balaikota Semarang.

Menanggapi sidak (inspeksi mendadak) yang di lakukan Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Dalam sidak yang berlangsung di taman median jalan di kawasan PRPP dan Jalan Madukoro tersebut. Nampak Walikota Semarang yang akrab di sapa Ita menegur bawahannya termasuk DPU karena tanaman-tanaman di median jalan tersebut kering bahkan mati.

Plt Kepala DPU Kota Semarang, Suwarto langsung sigap benahi taman di median jalan yang tanamannya kering dan mati. Ia mengaku untuk penanggungjawab taman memang tidak hanya menjadi tugas dari DPU, tapi juga menjadi tanggung jawab Dinas Permukiman Kota Semarang.

“Memang kalau median jalan itu temannya menjadi kewenangan dan tanggung jawab DPU. Contohnya di Jalan Pandanaran yang tengah jalan lalu yang pot-pot kecil,” kata Suwarto, Kamis 7 September 2023.

Ia mengakui jika pada median jalan di depan kawasan PRPP terutama pada sisi utara memang dari pagi hingga siang terkena sinar matahari langsung. Sehingga pada musim kemarau panjang seperti ini mengalami kekeringan bahkan beberapa tanaman mati.

Namun, tanaman yang berada pada sisi selatan kondisinya lebih teduh karena tertutup flyover. Sehingga tanaman lebih hijau dan indah.

“Tapi walaupun kondisi kering, Kota tetap melakukan penyiraman secara maksimal. Karena kemarau cukup panjang. Bahkan tanahnya juga disiram. Tapi tetap saja kering,” tuturnya.

Sesuai dengan arahan dari Wali Kota, lanjut Suwarto, pihaknya diminta melakukan kajian. Kedepannya agar tanaman yang akan ditanam pada median jalan harus tanaman yang sesuai dengan kondisi wilayah.

“Nanti kita akan sesuaikan tanamannya. Kita akan lakukan pembenahan dan kita masukkan dalam anggaran perubahan, khususnya di kawasan PRPP,” bebernya.

Sementara untuk di Jalan Madukoro II, menurutnya hanya terlambat melakukan pembersihan dan belum maksimal. Menurutnya, untuk tanaman yang di Jalan Madukoro bisa di atasi dengan pemangkasan daun yang kering.

“Mudah mudahan dalam beberapa minggu menjadi bersih dan hijau kembali,” pungkasnya.(kdm)