Empat Mahasiswa UPGRIS Terpilih Mengikuti Magang di BRIN

Semarang, UP Radio – Menghadapi dunia kerja, mahasiswa harus mempersiapkan diri, baik dari segi akademik maupun relasi. Di segi akademik, mahasiswa dapat memulai dari riset penelitian hingga magang di instansi yang kompeten.

Hal itu disampaikan oleh Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr Sri Suciati MHum, saat melepas empat mahasiswa yang terpilih mengikuti magang di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), (25/8).

“Melalui pemagangan, mahasiswa akan praktik secara langsung bagaimana riset dan kerja-kerja penelitian,” kata Rektor.

Menurut Suci, melalui cara magang inilah mahasiswa akan didekatkan pada relasi dan gambaran akan dunia kerja secara nyata.

Empat mahasiswa Universitas PGRI Semarang terpilih mengikuti magang di BRIN tersebut adalah Mohamad Thoyful Gufron (Tehnik Mesin), Sulistia (Pendidikan Fisika), Farah Zahrina Jasmine Afra dan Azriel Dafa Muhammad (Teknologi Pangan).

Mereka akan mengikuti magang selama enam bulan di dua tempat yang berbeda, yaitu Puspibtek Serpong dan KST Ir Soekarno, LIPPI.

Sulistia berharap dari magang tersebut akan mendapatkan pengalaman serta penguasaan atas penulisan karya ilmiah. “Saya ingin melakukan riset yang luarannya bisa dipublikasikan ke jurnal Sinta 3,” ungkapnya.

Sementara itu Gufron mengungkapkan alasannya mengikuti magang adalah untuk mendapat jaringan pekerjaan. “Saya ingin mencari koneksi yang luas, agar setelah lulus bisa langsung dapat kerja,” tegasnya.

Sejumlah 638 mahasiswa seluruh Indonesia mengikuti proyek magang di BRIN. Dikutip dari laman daring, BRIN membuka kesempatan mentoring bagi mahasiswa agar mendapatkan keterampilan yang bisa berguna setelah lulus kuliah. (pai)