UPGRIS Fasilitasi Mahasiswa Perluas Relasi Menghadapi Dunia Kerja

Semarang, UP Radio – Kesulitan yang dihadapi mahasiswa menjelang kelulusan diantaranya minimnya relasi dan jaringan ke dunia kerja.

Tim Swakelola Pusat karier Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr Prasetiyo MPd mengungkapkan mahasiswa seringkali kurang mempersiapkan hal-hal yang akan mereka butuhkan di luar bidang akademik mereka.

Menurut Prasetiyo, hal itulah yang tengah diupayakan oleh Pusat Karir, PPL, dan Pemagangan, Lembaga Pengembangan Profesi, Universitas PGRI Semarang untuk menyiapkan solusi bagi mereka.

“Untuk mempersiapkan setelah lulus, mahasiswa harus memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap kebutuhan dunia kerja, Universitas PGRI Semarang siap menghubungkan para alumni maupun mahasiswa yang menjelang wisuda ke perusahaan,” ujar Prasetiyo saat memberikan sambutan dalam acara “Campus Hiring dan Seleksi Magang Kerja,” di GP 2 UPGRIS (22/8).

Dijelaskan, dengan memberikan relasi yang menghubungkan dengan perusahaan, mahasiswa dan alumnus diharapkan akan lebih mudah mendapatkan kesempatan karier sesuai bidang.

“Selain itu, mahasiswa aktif juga akan difasilitasi untuk memiliki pengalaman kerja melalui kegiatan magang kerja di dunia usaha/dunia industri,” tambahnya.

Dirinya berharap, dengan adanya acara ini mahasiswa akan terbantu untuk membangun relasi dunia kerja yang lebih luas.

Sementara itu, Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati MHum menambahkan pentingnya kompetensi unggulan di tiap program studi. Hal itu menurutnya, di era seperti sekarang ini generasi muda banyak mendapat tantangan.

“Munculnya jenis pekerjaan baru dan hilangnya jenis pekerjaan lama membuat generasi sekarang harus selalu adaptif,” ungkapnya.

Suci mengakui tantangan tersebut akan bisa dihadapi dengan beberapa persiapan diantaranya dengan membangun relasi dan persiapan keterampilan, baik soft skill maupun hard skill, tantangan tersebut akan lebih mudah untuk dihadapi.

Pada kesempatan tersebut hadir sejumlah perusahaan mitra diantaranya perwakilan dari PT. Nusantara Building Industries (PT. NBI) Anisa Fauziah, SPsi.

Pada kesempatan tersebut sejumlah mahasiswa yang akan mengikuti magang menjalani tes wawancara dan seleksi magang. (pai)