Semar Idol, Ajang Pencarian Bibit Penyanyi Melayu di Tingkat Kelurahan Semarang Barat

Semarang, UP Radio – Berkembangnya teknologi saat ini ternyata berimbas pada dunia seni dan budaya, salah satunya musik melayu atau dangdut.

Banyak generasi muda yang enggan mempelajari musik asli Indonesia ini, alasan ini lah yang membuat Kecamatan Semarang Barat, membuat lomba Semar Idol untuk mencari musisi ditingkat kelurahan.

Ajang ini sendiri, digelar oleh Camat Semarang Barat, Elly Asmara di tiga lokasi yang berbeda, salah satunya di Kelurahan Gisikdrono.

Antusiasme peserta bisa terbilang sangat tinggi, tak kurang hampir 200 peserta ikut audisi layaknya ajang pencarian bakat yang diselenggarakan televisi nasional.

“Ajang pencarian bibit penyanyi ini kita gandeng musisi melayu Ali Khan, Havid Sungkar, dan penyanyi muda Hendra Kumbara untuk memilih yang terbaik dan nantinya diadu di grand final,” kata Elly Asmara, Minggu 8 Agustus 2023.

Elly menerangkan, sesuai permintaan warga tahun ini jenis musik yang dipilih adalah dangdut. Selain itu, Elly juga memiliki misi lain, yakni untuk melestarikan musik asli Indonesia ini ditengah distrubsi budaya yang masuk ke Indonesia.

“Kita batasi peserta minimal usia 15 tahun, tujuannya adalah mencari bibit penyanyi muda ditingkat kelurahan,” tambahnya.

Dengan ajang ini, lanjut Elly juga bertujuan mendekatkan kelurahan dan kecamatan ke masyarakat melalui seni budaya. Pihaknya ingin menjalin silaturahmi dengan warga melalui sarana seni music, sekaligus mencari bakat.

“Kita ingin dekat dengan masyarakat, jadi kita sengaja road show mendatangi mereka,” pungkasnya.

Musisi melayu asli Semarang, Ali Khan menjelaskan jika dengan ajang ini diharapkan bisa muncul artis melayu baru dari Semarang Barat. Untuk penilaian sendiri, mulai dari vocal yang terdiri dari power dan cengkok, penghayatan dan penampilan.

“Pesertanya sangat bagus-bagus, harapan saya bisa ada artis yang muncul dari Semarang Barat,” tambahnya.

Sementara Devina salah satu peserta mengaku ingin melakukan uji nyali dan menambah skill bernyanyi musik melayu. Dirinya tidak memungkiri jika anak muda seperti dirinya asing atau jarang mengenal genre musik tersebut.

“Sekalian belajar dangdut dan menambah skill, Alhamdulillah tadi bisa lolos dan maju di Grand Final September mendatang,” pungkas warga Ngemplak Simongan ini. (ksm)