Ajeng: Pemenuhan Hak Anak Tanggung Jawab Bersama

Semarang, UP Radio – Kader perempuan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan drg. Rahajeng Widyaswari menyebut pemenuhan hak anak dan pengasuhan merupakan tanggung jawab bersama. Baik dilakukan orang tua (ayah/ibu), negara maupun masyarakat pada umumnya.

Hal ini disampaikan Putri sulung mendiang Tjahjo Kumolo, drg. Rahajeng Widyaswari saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Simpang Lima Semarang, Minggu 23 Juli 2023.

Ajeng, sapaan akrabnya mengatakan, pemenuhan gak anak dan pengasuhan tersebut untuk memastikan tumbuh kembang anak berjalan optimal. Sebab anak merupakan generasi masa depan bangsa yang akan melanjutkan pembangunan nasional.

“Di era saat ini, berbagai permasalahan sosial yang terjadi pada anak di Indonesia sudah cukup meresahkan. Pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi yang belum bisa digunakan secara bijak baik oleh orang dewasa maupun anak-anak membuat permasalahan yang ada semakin kompleks,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Ajeng, ini membuat anak-anak mengikuti arus dan ikut menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian.

“Tak hanya itu, masih bisa kita temui pada malam hari anak-anak masih bebas berkeliaran dan kongkow di beberapa lokasi terbuka bahkan tidak terpantau umum di kota kita. Padahal hari yang sudah larut bukan lagi waktu bagi anak-anak untuk berada di luar. Menandakan lemahnya kontrol dari orang tua. Bila kita tarik benang merahnya, setiap permasalahan sosial anak yang muncul diawali dari rumah,” kata perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ini.

Rumah sebagai pembentuk karakter anak yang pertama. Pendidikan di rumah menjadi titik mula perjalanan hidup seorang anak.

Dalam menanggulangi permasalahan anak, lanjut Ajeng, pemerintah pun tidak bisa hanya mengandalkan satu sektor saja. Tetapi juga harus saling bekerja sama antar lintas sektor yang terkait. Permasalahan anak sudah semestinya menjadi tanggung jawab bersama.

Sementara itu, Ajeng turut mengapresiasi pencapaian Kota Semarang yang sukses menjadi tuan rumah Puncak Peringatan HAN 2023.

“Alhamdulillah Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Kota Semarang berjalan lancar dan sukses dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri PPPA Bintang Puspayoga,” katanya.

Bahkan yang lebih membanggakan, lanjutnya, Kota Semarang juga meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak kategori Utama tahun 2023.

“Selamat untuk Walikota Semarang Mbak Ita karena Semarang bisa meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak Kategori Utama tahun 2023,” ujar Ajeng. (ksm)