Semarang Masuk Tiga Besar Posyandu Terbaik di Jawa Tengah

Semarang, UP Radio – Posyandu Balita Ria, Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, masuk tiga besar lomba pelaksanaan terbaik posyandu tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023. Verifikasi lapangan dilakukan oleh tim penilai pada Senin 17 Juli 2023.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang, Gatot Prayitno mengatakan, Posyandu Balita Ria dipilih Pemerintah Kota Semarang mewakili lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, posyandu Balita Ria ini memiliki sejumlah kelebihan. Sarana prasarana sangat komplit dan terintegrasi dengan beberapa layanan antara lain bina keluarga balita (BKB) dan pos PAUD.

Selain itu, Posyandu Balita Ria memiliki kader yang luar biasa kemampuannya dalam memberikan pelayanan. Partisipasi masyarakat juga sangat baik. Posyandu ini juga didukung sejumlah stakeholder dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, kami mendapat tiga besar. Ini diverifikasi. Mudah-mudahan mendapat hasil terbaik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Gatot menambahkan, Posyandu Balita Ria diharapkan mampu menjadi percontohan bagi posyandu-posyandu lainnya. Apalagi, posyandu ini zero kasus stunting. Hal itu tentu tidak lepas dari peran kader dalam upaya penanganan stunting serta partisipasi masyarakat dalam mengikuti posyandu.

“Laporan Ibu Ketua Posyandu, dikatakan beberapa bulan terkahir tidak ada stunting. Kader sangat aktif. Ada inovasu Sibening Manik dalam penanganan stunting. Ini keaeifan lokal yang dimiliki Kelurahan Pedalangan,” paparnya.

Wakil Ketua Tim Penilaian Pelaksanaan Terbaik Posyandu Tingkat Jateng, Dedy Setiawan mengatakan, kegiatan ini berkaitan dengan kesehatan, BKKBN, dan PKK yang dikemas menjadi satu sesuai petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami sesuaikan dengan Permendagri Mo 18 terkait posyandu, salah satu lembaga kemasyarakatan kelurahan yang ada kepastian terkait program kegiatan dan pendanaan,” jelasnya.

Ia menyebut, lomba ini ada dua kategori yaitu kabupaten dan kota. Ada lima kota yang menyampaikan administrasinya ke Provinsi Jawa Tengah. Pihaknya memilih tiga terbaik yang langsung dilakukan verifikasi lapangan.

Ada sejumlah kriteria penilaian, antara lain penimbangan, pendaftaran, penyuluhan pemberian makanan tambahan, integrasi BKB dan Pos PAUD.

“Pendanaan dari mana, berapa jumlah total pendanaan. Ada keterlibatan masyarakat atau tidak terkait pelaksanaan,” tambahnya.(ksm)