530 Peserta Ikuti Lomba Desain Logo HUT Semarang ke-476

Semarang, UP Radio – Mengawali rangkaian kegiatan HUT Kota Semarang ke-476 tahun yang jatuh pada 2 Mei 2023 mendatang. Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Kota Semarang menggelar lomba desain logo HUT ke-476.

Kepala Diskominfo Kota Semarang, Soenarto mengatakan, lomba telah dibuka mulai 5 – 15 Januari. Ada sebanyak 530 peserta yang berpartisipasi mengirimkan logo HUT ke-476 Kota Semarang. Banyaknya peserta ini menandakan antusiasme warga sangat luar biasa menyambut HUT tahun ini.

“Semua bagus-bagus. Ini jd sebuah kebanggaan bagi kami. Ternyata, teman-teman antusias. Tidak hanya logo yang asal-asalan tapi semU memenuhi kaidah-kaidah daru sisi seni, filosofi, dan seterusnya,” terang Soenarto, saat penjurian, Senin (16/1/2023).

Dia menyebutkan, satu diantara berbagai unsur penilaian adalah autentifikasi. Logo yang dikirim harus bermakna dan memberikan ciri khas budaya Semarang, misalkan ada blekok, tugu muda, destinasi wisata, atau ciri khas lain.

Dalam penjurian, pihaknya melibatkan juri profesional dari beberapa media dan profesional dalam bidang seni desain.

“Nanti akan kami tetapkan juaranya tanggal 20 Januari 2023. Akan kami umumkan di instagram @semarangpemkot. Juara akan mendapatkan Rp 7,5 juta,” bebernya. 

Logo yang terpilih, sambung dia, akan digunakan sebagai logo official rangkaian HUT ke-476 Kota Semarang. Setiap rangkaian kegiatan HUT akan menggunakan logo official.

“Lomba-lomba OPD maupun yang diselenggarakan mandiri oleh masyarakat pakai logo ini. Harapannya logo ini punya makna motivasi. Dengan logo ini bisa memberikan semangat,” ujarnya.

Selanjutnya, logo official ini akan diluncurkan bersamaan dengann kegiatan Semarang Rumah Kita yang rencananya bakal diselenggarakan di Pasar Bulu pada 21 Januari mendatang. (ksm)