‘Plus Eighty Two’, Cafe dengan Menu Hits Korea Ada di Semarang

Semarang, UP Radio – Perkembangan dunia kuliner di Kota Semarang terus berkembang bahkan di dominasi oleh pengusaha-pengusaha muda yang mengusung konsep milenial.

Plus Eighty Two (+Eighty Two) sebuah Cafe dengan konsep dan menu Korea hadir ditengah maraknya anak-anak milenial yang menyukai serba-serbi dari negara yang berada di Asia Timur ini.

Ignatius Karmelino (23), pemilik Cafe yang berada di Jalan Pandanaran 1 No. 32 ini mengaku sengaja membuka Cafe dengan menu Korea karena dirinya sendiri adalah pecinta kuliner Korea. Bahkan sebelum Cafe berdiri, usaha makanan Koreanya ini sudah lebih dulu dipasarkan melalui online.

Ino, sapaan akrabnya, menyebut, nama Cafe nya Plus Eighty Two rupanya merupakan kode negara Korea. Konsep Cafe sengaja diusung karena Kota Semarang belum memiliki Cafe yang identik menjadi tempat nongkrong dan hangout namun menyajikan menu-menu Korea.

“Semarang belum punya Cafe tapi menyediakan makanan Korea, rata-rata kan resto terlalu formal. Kalau disini bisa nongkrong sambil ngemil, ada colokan ada WiFi,” ungkap Ino saat ditemui di Cafe miliknya, Sabtu (3/9).

Ino mengatakan yang membedakan Cafe miliknya dengan resto Korea yang saat ini menjamur di Kota Semarang adalah pilihan menu makanan yang belum ada di Kota Semarang. Selain makanan Korea yang biasa ada di resto seperti Kongbap dan Bibimbap, Topokki, Plus Eighty Two fokus menyediakan makanan ringan atau Korean Street Food.

“Kita memang lebih fokus pada snack Korea. Jadi kalau di Korea ini kayak Street food gitu. Dan Street food nya Korea ini lebih variatif, jadi bisa buat teman ngemil saat nongkrong disini,” bebernya.

Ino mengatakan ada tiga menu yang jadi menu best seller di Cafenya yakni Egg Burger yang merupakan burger dengan isian Fluffy egg yang tebal, keju chedar, onion dan disiram gochujang mayo yang merupakan saus khas Korea. Selain itu ada juga dakbal & jumeokbab yang merupakan cakar ayam bakar tanpa tulang yang disudah di marinasi pedas disajikan dengan bola-bola nasi dibalur kimchi dan rumput laut. Selain itu ada Ppang-Ppang yang merupakan roti isi atau sandwich dengan isian Cream cheese yang tebal dan potongan buah seperti Strawberry atau pisang.

“Tiga menu ini adalah andalan kita karena gak ada ditempat lain, cuma kita yang bikin menu ini,” tuturnya.

Selain makanan, minuman yang disajikan juga minuman ala Korea yang diproduksi oleh @sugarmama.treats milik sang kakak. Minuman berbahan dasar susu ala Korea ini disajikan untuk menemani menu makanan yang ada. Ia menyebutkan ada sekitar 50 menu makanan dan 50 menu minuman ala Korea.

“Saya juga kolaborasi dengan kakak yang memang sudah memproduksi minuman Korea secara online dan saat ini hadir di Cafe kita ini. Jadi udah kayak coffee shop Korea lah,” terangnya.

Soal harga, Cafe yang menyediakan menu tradisional hingga menu kekinian Korea ini terbilang cukup terjangkau. Harga menu di Plus Eighty Two mulai Rp 20.000 hingga Rp 80.000.

“Kita memang membidik anak-anak muda pecinta Korea jadi harga juga kita sesuaikan tapi rasa tidak kalah enaknya. Dan semua menu kita Halal kecuali minuman soju,” ujarnya. (ksm)