Lahirkan Generasi Bebas Thalassemia

Semarang, UP Radio – Yayasan Thalassemia Indonesia Cabang Semarang, menggelar Silaturahmi Keluarga Besar Thalassemia Jawa Tengah digelar akhir pekan lalu (28/5) di Vina House yang juga dihadiri Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalassemia Indonesia (Popti) Semarang.

Acara silaturahmi ini juga diawali dengan wisata ke Watu Gajah Park yang kemudian dilanjutkan ramah tamah.

Ketua Yayasan Thalassemia Indonesia Cabang Semarang Dr dr Kusmiyati Tjahjono DK MKes mengungkapkan kegiatan tersebut diikuti 240
peserta termasuk anak-anak penderita thalassemia bersama pendampingnya yang berasal dari Semarang, Kabupaten Semarang, Blora, Bojonegoro, Demak, Jepara, Kudus, Kendal, Salatiga, Pemalang, dan Pekalongan.

“Yayasan Thalassemia Indonesia berdiri sejak 1987 dan bermaksud membantu pemerintah dalam upaya menyelamatkan generasi penerus yang bebas dari penyakit thalassaemia. Kami juga ingin meringankan beban para orang tua penderita thalassaemia serta mengurangi meningkatnya penderita Thalassaemia,” ujar Kusmiyati.

Untuk itu, Yayasan berkoordinasi dengan BPJS dan PMI selalu mengupayakan langkah-langkah terpadu seperti pengadaan darah serta peralatan medis dan obat-obatan yang diperlukan atas dasar keterjangkauan secara tepat waktu dan berkesinambungan.

Pada acara kemarin, Kusmiyati memberikan beberapa penghargaan untuk Pemerintah Kota Semarang, donatur, dokter, dan beberapa pihak yang selalu mendukung upaya pencegahan thalassemia.

Sementara Ketua Popti Cabang Semarang dr Hadi Sarosa menegaskan, penderita thalassemia bisa hidup layak.

“Yang penting transfusi dan minum obat kelasi besi terus dilakukan sesuai rekomendasi,” terangnya. 

Dia juga berpesan agar keluarga penderita thalassemia terutama orang tua untuk sabar dan ikhlas.

Hadir pada acara kemarin Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Dia mengungkapkan bila kesehatan selalu menjadi perhatian utama Pemerintah Kota Semarang.
Acara juga dimeriahkan dengan penampilan anak-anak penderita thalassemia di atas panggung dan anggota Rotary Club of Semarang Kunthi. (ksm)