BI Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Pameran UMKM Gayeng 2022 di Tiga Negara

“UMKM Gayeng 2022 mengusung tema GO GRANDE (Go Green, Sustainable, Digital, and Export)”

Semarang, UP Radio – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah menggelar UMKM Gayeng 2022 yang mengusung tema GO GRANDE (Go Green, Sustainable, Digital, and Export) di Mall Paragon Semarang (19-24 April 2022).

Kepala perwakilan Bank Indonesia propinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengungkapkan tema GO GRANDE ini sejalan dengan presidensi G20 di Indonesia yang berfokus pada isu strategis green and sustainable economy.

“Tema ini akan menjadi pacuan bagi UMKM Jawa Tengah untuk semakin “grande atau tumbuh lebih hebat” dalam cakupan pemasaran dan tingkat penjualan produk yang semakin berkembang,” kata Rahmat.

Pada Opening Ceremony UMKM Gayeng 2022 yang berlangsung di Atrium Mall Paragon Semarang dihadiri sejumlah pejabat penting, diantaranya Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Andri Hadi, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo yang hadir secara online dan sekda propinsi Jawa Tengah, Sumarno.

“UMKM Gayeng merupakan salah satu bukti nyata bahwa KPw BI Provinsi Jawa Tengah terus mengawal pengembangan UMKM dari hulu ke hilir,” ujar Rahmat.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmat juga menyampaikan, bahwa pameran UMKM Gayeng ini merupakan pameran tahun ke empat ini, yang diikuti peserta UMKM yang tercatat semakin naik kelas dan mendunia. Hal ini dibuktikan dengan agenda pelaksanaan showcase yang dilaksanakan tidak hanya di Semarang, melainkan juga di Singapura dan Belgia.

Pameran di Semarang dilaksanakan di Atrium Mall Paragon Semarang, pada 19-24 April 2022. Sementara di Singapura akan berlangsung di Suntec City Mall Singapura mulai 18 Maret – 1 Mei 2022. Sedangkab di Antwerp Belgia akan dihelat pada 15 April – 14 Juli 2022 di Borgerhub.

“Seluruh produk UMKM yang dikirim ke Singapura dan Belgia tidak hanya diberikan ruang pamer saja, namun juga mengikuti serangkaian program publikasi seperti community engagement dan di fasilitasi untuk melakukan business matching dengan potential buyer di negara setempat,” kata Rahmat

Dalam tahapan prosesnya, para peserta pameran UMKM Gayeng 2022 merupakan UMKM binaan yang diusulkan Pemerintah Daerah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia se-Jawa Tengah serta asosiasi maupun komunitas setempat yang telah berhasil melewati kurasi oleh tim kurator profesional.

Tercatat sebanyak 1.171 UMKM mendaftar dalam agenda tahun ini dan sebanyak 152 UMKM berhasil lolos kurasi dari 6 keresidenan di Jawa Tengah, yakni eks Keresidenan Banyumas, Kedu, Pati, Pekalongan, Semarang, dan Surakarta. (shs)